Lantunan Asmaul Husna Menggema di Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti. - Kabare Jember

Breaking

Lantunan Asmaul Husna Menggema di Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti.

Lantunan Asmaul Husna Menggema di Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti.





Jember, kabarejember.com -  Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti Jember (  YIKT- LPI ) Argopuro Panti Jember menggelar lomba membaca Asmaul Husna antar kelas yang diikuti siswa/i MI, SMP dan  SMA .( Sabtu, 19/11/2022)


Lomba membaca Asmaul Husna  yang di selenggarakan oleh lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti yang dihadiri ketua Yayasan iktiar Kejayaan Tani - Lembaga Pendidikan Islam ( YIKT - LPI ) Argopuro Panti Jember, Pembina Yayasan dan jajarannya, Semua dewan guru Mulai TK sampai SMA beserta jajarannya, para wali murid , dan para tokoh masyarakat terkemuka di wilayah Kecamatan Panti, serta  dihadiri ratusan peserta lomba pambacaan Asmaul Husna mulai dari  siswa-siswi  MI, SMP dan  SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani Lembaga  Pandidikan Argopuro ( YIKT - LPI Argopuro Panti ).


Perlombaan  bertujuan untuk meningkatkan keimanan siswa terhadap Allah SWT, dengan berzikir mengingatkan dan menyebut nama-nama Allah. Disamping itu juga merupakan peningkatan pengetahuan di bidang pendidikan agama  islam pada siswa.


Tepat pukul 08.23 Wib, suasana atmosfer di halaman sekolah SMA Argopuro Panti sangat  redup karena  tertutup oleh gumpalan awan cumulus dan awan Cirrus, dan pada menit itu juga  ketua YIKT - LPI Argopuro Panti 

H.Agus Idham Khalid,SPd.

membuka acara perlomban Pembacaan Asmaul Husna.


Dalam sambutannya ketua YIKT - LPI Argopuro Panti Jember sangat bangga kepada semua siswa-siswa yang berada di bawah naungan YIKT - LPI yang telah menghafal Asmaul Husna yang berjumlah 99 .


" Dalam perlombaan ini saya mengharap agar

semua peserta lomba Lantunan  Asmaul Husna  Jangan hanya  mengejar hadiah,  Tetapi bagaimana kompetisi ini  menjadi sarana memperkuat ukhuwah Islamiyah, persatuan dan kesatuan diantara sesama, terutama antar siswa-siswi yang berada di bawah naungan YiKT - LPI Argopuro Panti Jember,’’ ujarnya.


Lanjut ketua YIKT LPI Argopuro perlombaan yang saya adakan ini merupakan   terobosan  untuk menanamkan keimanan dan ketaqwaan yang menjadi salah satu bentuk dari pendidikan karakter, dengan harapan agar tertanam budi pekerti luhur dengan menanamkan Asmaul Husna sejak dini." Kilahnya.


Lebih dari itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk membiasakan anak-anak selalu membaca Asmaul, baik pada setiap upacara rutin di sekolah maupun sebelum mengikuti kegiatan belajar mengajar, Sehingga apa yang disampaikan guru dan yang diterima siswa/i sama-sama mendapat ridho dari Allah,

Jika sejak dini para siswa sudah mampu mengucap dan memahami Asmaul Husna maka insyaAllah di kemudian kelak akan menjadi sosok yang santun,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kapolsek Ajung Jember.


Pada waktu yang berbeda, usai upacara pengibaran bendera di halaman sekolah, Ketua yayasan mengumumkan sekaligus memberikan hadiah kepada para pemenang dalam lomba tersebut.( Senin, 21/11/2022)


Berikut peserta pemenang lomba membaca Asmaul Husna yakni : 

1.Juara 1 dari SMA

   Kelas Xl IPS 2

2.Juara 2 dari SMP

    Kelas 9-A

3. Juara 3 dari SMP

    Kelas 7-B

4. Juara harapan 1 dari

    SMA kelas Xll IPS-2

5. Juara harapan 2 dari 

    SMP kelas 9-C


Menjadi momen yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Salah satunya dengan melafalkan nama-nama indah milik Allah SWT dalam tiap kesempatan. Nabi Muhammad sendiri pernah menyebut secara eksplisit bahwa Allah memiliki 99 nama indah atau lebih dikenal sebagai Asmaul Husna. 


Dalam surat al-A'raf ayat 180 juga disebutkan,







 يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ، سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ


Artinya, "Allah memiliki Asmaul Husna(99), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna (nama-nama terbaik) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang mereka kerjakan." (QS. Al-Araf: 180


Disebutkan dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, manfaat membaca Asmaul Hasna secara rutin.


فَذِكْرُهَا نَافِعٌ لِلدُّنْيَا وَالدِّيْنِ وَالآخِرَةِ، وَذِكْرُهَا يُسَمَّى مَجْمَعَ الْخَيْرَاتِ وَمَفَاتِحَ الْبَرَكَاتِ وَمَجَلَّى التَّجَلِّيَاتِ، مَاوَاظَبَ عَلَيْهَا مَكْرُوْبٌ إِلَّا فَرَّجَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ كُرْبَةً، وَلَا مَدْيُوْنٌ إِلَّا قَضَى اللهُ تَعَالَى دِيْنَهُ، وَلَا مَغْلُوْبٌ إِلَّا نَصَرَهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَامَظْلُوْمٌ إِلَّا رَدَّ اللهُ تَعَالَى مَظْلَمَتَهُ، وَلَا ضَالٌّ إِلَّا هَدَاهُ اللهُ، وَلَامَرِيْضٌ إِلَّا شَفَاهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَا مُظْلِمُ الْقَلْبِ إِلَّاَ نَوَّرَ اللهُ تَعَالَى بِهَا قَلْبَهُ


“Menyebut Asma’ul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan ungkapan kejelasan. Tidaklah ada kesulitan bagi yang menekuni bacaan  Asma’ul Husna melainkan Allah akan menjauhkan dari segala kesulitannya, tidaklah akan berhutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah akan terjadi kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidaklah akan ada orang yang mezdalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah akan  tersesat melainkan Allah akan memberi petunjuk, tidaklah orang itu  sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah terjadi kegelapan hati melainkan Allah akan selalu terangi hatinya dengan pengamalan  Asma’ul Husna. (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17).


Itulah manfaat  membaca Asmaul Husna secara rutin yang dapat diaplikasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari karena Allah SWT.


( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact