YIKT - LPI Argopuro Panti Jember Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW - Kabare Jember

Breaking

YIKT - LPI Argopuro Panti Jember Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

YIKT - LPI Argopuro Panti Jember Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

 



Jember,kabarejember.com- Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bermakna meneladani jejak langkah sunnah Rasulullah yang telah di wariskannya. Beliau adalah teladan hidup yang menyemai banyak kebaikan dalam rangkaian keindahan hidup. Keteladanan yang akan senantiasa layak diikuti setiap generasi dari semua generasi sekarang maupun yang akan datang. Perjalanan sejarah hidup beliau melalui berbagai fase yang penuh kemandirian dan perjuangan. Semua perjalanannya juga dihiasi dengan keluhuran sikap dan ketinggian budi pekerti.


Peran agung Rasulullah Saw. sebagai pembawa risalah Islam sekaligus sebagai teladan atau penyempurna akhlak bagi umat manusia membuat hari kelahiran beliau menjadi begitu bermakna, terutama bagi kaum muslim. Momen peringatan maulid nabi menjadi ajang mengingat, mengenang, meneladani, serta mengungkapkan cinta dan kerinduan kepada Rasulullah Saw. Hal tersebut biasa diekspresikan melalui lantunan shalawat, syair-syair, dan puji-pijian yang menggambarkan kegembiraan dan suka-cita atas kelahiran baginda Nabi Muhammad SAW. 


Beragam tradisi di masyarakat terkait maulid Nabi Muhammad SAW selalu kaya akan makna dan hikmah yang bisa kita petik dan kita pelajari. Di samping bernilai spiritual yang menggambarkan keimanan pada Allah Swt lewat pengakuan dan kesadaran akan kerasulan Nabi Muhammad Saw., tradisi-tradisi tersebut juga kaya akan nilai-nilai kebaikan bagi sesama manusia.


Setiap datang bulan Rabiul Awal, Umat Islam menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah, bertepatan dengan tanggal 21 April 571 M. 


Tanggal 12 Rabiul Awal sendiri dalam sejarah hidup Nabi Muhammad SAW mempunyai arti penting, sebab selain dilahirkan pada tanggal ini, beliau hijrah dari Makkah Al-Mukarromah ke Madinah Al-Munawwarah dan wafat pada tanggal yang sama.


Bertempat di Musholla Al-Manhal , Yayasan Iktiar Kejayaan Tani Lembaga Pendidikan Islm ( YIKT - LPI ) Argoporo Panti Jember menggelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  yang berlangsung selama 2 hari Jum'at dan Sabtu ( 14 dan 15 Oktober 2022 ).


yang dipandu oleh  Ketua OSIS SMA Argopuro Panti Jember Alya Husniar Rusida ini dihadiri oleh : ketua Yayasan iktiar Kejayaan Tani - Lembaga Pendidikan Islam ( YIKT - LPI ) Argopuro Panti Jember, Pembin Yayasan dan jajarannya, Semua dewan guru Mulai TK sampai SMA beserta jajarannya,  semua siswa-siswi TK, MI, SMP dan  SMA, Para wali murid dan para tokoh terkemuka di wilayah kecamatan Panti Jember.


Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. diawali dengan pembukaan dan Tawassul yang dipimpin oleh Drs. H.Agus Ahsan dan dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Al-qu'an yang dibacakan oleh Muhammad Ali Agil.


Penyampaian sambutan yang disampaikan oleh Ketua Yayasan H.Agus Idham Khalid, S.Pd, Ia juga sebagai kapolsek Ajung Jember. Dalam sambutannya, ia mengarahkan dan mengajak kepada semua Siswa - siswi yang hadir pada acara itu agar senantiasa memelihara dan istiqomah dalam sholat.


Shalat adalah Ibu segala ibadah. Cara ibadah yang paling lengkap untuk hambanya, Merasakan rasa ketuhanan, dan agar hamba-hambanya dapat melahirkan sifat kehambaan, masa permbaharuan iman dan ikrar kepada Tuhan. Karena itu apabila seseorang hamba tidak mengerjakan atau meninggalkan shalat, maka mereka di anggap  telah melakukan kesombongan yang paling besar , Orang yang meningglkan shalat, adalah orang yang telah terputus hubungannya dengan Allah SWT, yaitu telah putus asa dengan Tuhannya, dan Terputus dengan Rahmatnya dan termasuk hamba  yang tidak bersedia ber-ikrar agar hidup dan matinya untuk Allah SWT.


Siapa yang meninggalkan shalat, maka seluruh amalannya tertolak atau tidak di terima. Sungguh rugilah orang-orang yang meninggalkan shalat. Karena shalat dalam Islam merupakan tiang agama. Ia di wajibkan melakukannya di dalam sehari semalam Lima Kali. Shalat di dalam Islam merupakan ibu dari segala ibadah. Ia juga merupakan salah satu rukun Islam yang Lima. Bahkan ia ialah sebagai tiang utamanya.


 Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

ASHSHALATU ‘IMADUDDIN, FA MAN AQAMAHA FAQAD AQAMADDIN, WAMAN HADA MAHA FAQAD HADA MADDIN

Artinya: Shalat itu ialah tiang agama, maka barang siapa yang mendirikannya maka sungguh ia telah menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya sungguh mereka telah meruntuhkan agama.” Ucapnya.


Sementara pada acara inti, yaitu ceramah agama.

Dalam ceramhnya yang berdurasi lebih kurang 45 menit, KH Agus Mahdi Amen memaparkan salayang pandang wujud syukur kita kepada Allah.


1. " Pertama yang harus kita syukuri yaitu,

Wa laqod kholaqnal insana min sulalatin min thin,” Dan sungguh, Kami (Allah) telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Membaca sebuah ayat yang berada di Surah Al mu’minun itu mengingatkan saya pada jati diri manusia yang sesungguhnya, tanah. Tanah adalah benda kecoklatan –ada juga yang hitam, merah, dan kuning– yang memiliki banyak kegunaan. Seperti menumbuhkan tanaman, sumber penyimpanan air dan lain-lain.


2. Kedua yakni bersyukur, kita semua ini diciptakan oleh Allah Sebagai Ummat Rasulullah SAW.

Orang cinta kepada Allah tandanya harus banyak Berzikir, dan tanda Cinta kepada Rasulnya maka harus banyak bersholawat.

Kalau kita belajar Matematika sangat mudah sekali, namun mengapa disaat kita belajar etika sepertinya terasa sulit sekali.


Allah berfirman dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat ayat 56 berbunyi: "Wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya'budun,". Yang artinya: "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku,". Dengan demikian aktivitas Muslim tidak lepas dari hubungan vertikal dengan Allah SWT.


Ia juga memaparkan isi kandungan Surat At-Taubah ayat 128.

" laqad jā`akum rasụlum min anfusikum 'azīzun 'alaihi mā 'anittum ḥarīṣun 'alaikum bil-mu`minīna ra`ụfur raḥīm" Terjemah Arti: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.


3. ketiga yaitu bersyukur karena kita sebagai hamba Allah yang  berada di Indonesia..jadi kita harus senantiasa cinta kepada NKRI., dan 


4. bersyukur akan ilmu dan  iman  kita kepada Allah.

Iman dan ilmu merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam Islam. Ada suatu interkoneksi antara iman dan ilmu yang sifatnya saling menguatkan. Di mana iman merupakan jalan untuk melihat kebenaran Allah SWT, ilmu sebaliknya menguatkan iman tersebut atau 

Iman menjabarkan isi kebenaran yang pada gilirannya mengatur relasi manusia dengan Allah. Sedangkan ilmu pengetahuan merupakan produk dari akal budi manusia yang melewati penelitihan ilmiah. Dari pengertian ini, kedua bidang ini mengatur tata hidup dan kehidupan 

manusia.


Allah berfirman dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat ayat 56 berbunyi: "Wa ma khalaqtul jinna wal insa illa liya'budun,". Yang artinya: "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku,". Dengan demikian aktivitas Muslim tidak lepas dari hubungan vertikal dengan Allah SWT." Papar KH.Agus Mahdi Amen.


Usai Ceramah agama, acara dilanjutkan dengan pembacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW yang diiringi dengan musik Hadrah yang dipimpin oleh kepala Sekolah SMA Argopuro Panti Wiwik Suwitolaksono,SS dan tepat pada jam 09.55 Wib..acara diakhiri dengan do'a yang dibacakan oleh KH.Agus Mahdi Amen. ( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact