MGMP Geografi Jember akan Mengimplementasikan Konsep Merdeka - Kabare Jember

Breaking

MGMP Geografi Jember akan Mengimplementasikan Konsep Merdeka

 MGMP Geografi Jember akan  Mengimplementasikan Konsep Merdeka


Jember,kabarejember.com - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP ) Geografi Kabupaten Jember akan  mengimplementasikan konsep " MERDEKA " , yakni :(M) engaktifkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pembelajaran; (E) ksplorasi diri untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya; (R) uang Kolaborasi sesama guru dari antar sekolah sederajat; (D) emonstrasi secara kontekstual melalui praktik baik (best practice) dalam pembelajaran; (E) laborasi pemahaman melalui diskusi bersama; (K) oneksi antar materi esensial agar tema pendekatan Proyek terlaksana; dan (A) ksi nyata untuk melakukan suatu perubahan pembelajaran yang real di kelas.


Hal itu disepakati bersama pada Temu MGMP Geografi  SMA Kabupaten Jember dalam menyongsong Kurikulum Merdeka,  yang didalamnya sekaligus melakukan : (1) Menyusun program kerja MGMP yang bermutu dan berkualitas dalam rangka menguatkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM); dan (2) Memastikan pelaksanaan program peningkatan kompetensi guru melalui forum diskusi dan pelatihan guru yang lebih efektif.


Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi merupakan wadah para guru pengampuh mata pelajaran Geografi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal itu dilakukan tiada lain kecuali  untuk dapat mencapai tujuan pendidikan nasional sebagaimana termaktub pada Pasal 3 Undang-Undang 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Peran guru sangat diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang bermakna. Kurikulum Merdeka menguatkan pembelajaran terdiferensiasi sesuai tahap capaian peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan siswa yang beragam, dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik, sesuai kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.


Hal itu diungkapkan Oleh Abdullah Muizuddin Hamdani, M.Pd., Ketua MGMP Geografi SMA Kabupaten Jember pada saat  kegiatan rutin Temu MGMP di Aula SMN 2 Jember.( Rabu, Oktober 2022 ).


Lebih jauh  Muizuddin meyampaikan perihal  refleksi materi geografi kelas X, XI, dan XII dalam kegiatan 

pembelajaran di kelas ,  Menginformasikan pembagian tugas Modul Ajar kepada anggota MGMP Geografi, dan 

Memaparkan Penyampaian implementasi RPP Insersi Antikorupsi dalam pembelajaran untuk 

jenjang SMA pada mata pelajaran Geografi.


Di tempat yang sama, PJP Geografi SMA Kabupaten Jember Drs. Nahrowi menyatakan, " bahwa peran utama MGMP adalah memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai ujung tombak perubahan dan pelaku perubahan reorientasi pembelajaran di kelas." Ucapnya.


" Melalui MGM Geografi ini , saya berharap guru dapat meningkatkan kompetensinya, baik kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi digital dalam pembelajaran paradigma baru. Semoga rekan rekan MGMP Geografi ini kedepan semakin meningkat kompetensinya." Kilahnya.


Lebih jauh PJP Geografi SMA yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 5 Jember menambahkan " kami akan terus memotivasi dan mendukung program-program MGMP Geografi dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui implementasi kuikulum merdeka. Forum komunikasi antar MGMP lintas mapel harus dikuatkan agar ada kesamaan persepsi dan langkah sosialisasi kurikulum merdeka dapat dipercepat, dan melalui kegiatan MGMP ini kami mengharap agar tugas - tugas siswa tuntas di kelas dan tidak ada PR ." Kilahnya.


Menjelang jam 15.00 Wib, kegiatan MGMP Geografi dilanjutkan Umi Fauziah, SPd,MPd. Ia adalah Seorang Guru Geografi di SMAN 3 Jember yang pernah menjadi  Ketua MGMP Geografi di Kabupaten Jember. Umi Fauziah memaparkan Praktek Aksi Nyata sebagai implementasi pada 

topik Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar.


Dalam Deskripsi :


" Kegiatan penyebar luasan aksi nyata ini saya lakukan pada kegiatan MGMP mata pelajarn Geografi , dengan alasan memilih penyebar luasan pada MGMP, agar materi ini bisa tersampaikan pada beberapa sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Jember. Cara menyebar luaskan dengan membuat PPT dan mempresentasikannya di depan seluruh peserta MGMP yang hadir.


Dalam Refleksi


Yang saya pelajari dari kegiatan ini adalah berusaha unttuk memahami materi yang disampaikan sekaligus mempraktekkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah serta melakukan refleksi dari kegiatan tersebut. Perasaan bahagia karena dapat berbagi ilmu dengan rekan sesama anggota MGMP mapel geografi saya rasakan pada saat kegiatan ini. Hal baik yang sudah saya pelajari dari materi yang saya sampaikan adalah bahwa sebagai guru kita senantiasa harus belajar untuk memperbaiki pola pengajaran dan pendidikan yang kita berikan kepada murid kita dengan menyesuaikan kondisi murid yang kita hadapi. Hal baru yang saya dapat pada saat aksi nyata adalah bahwa berbagi ilmu dan pengetahuan merupakan suatu yang sangat luar biasa bisa kita rasakan, apalagi didukung oeh minat peserta yang besar pada isi materi yang disampaikan.

( A.Mulyono)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact