Pengurus YIKT - LPI Argopuro Panti Jember Gelar Rapat Pambinaan dan Penyerahan SK Guru - Kabare Jember

Breaking

Pengurus YIKT - LPI Argopuro Panti Jember Gelar Rapat Pambinaan dan Penyerahan SK Guru

Pengurus YIKT -  LPI Argopuro Panti Jember Gelar Rapat Pambinaan  dan  Penyerahan SK Guru




Jember,kabarejember.com - Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani ( YIKT ) Lembaga Pendidikan Islam ( LPI)Argopuro Panti pada hari Sabtu, 10 September 2022 menggelar rapat dengan tema " Pembinaan dan Penyerahan  Surat Keputusan ( SK)Guru dan Tenaga Kependidikan ( Tendik) TK,MI,SMP dan SMA Argopuro.


Jalannya acara yang dipandu oleh moderator dari Sekretaris Yayasan, Ainul Yaqin, S.Pd. ini dihadiri oleh ketua YIKT,  pembina YIKT, penasehat YIKT dan jajarannya, serta segenap dewan guru mulai dari TK, MI, SMP dan SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti.


Prosesi acara Rapat yang berlangsung di Aula SMA Argopuro Panti diawali dengan pembacaan ummul kitab dan dilanjutkan Tawassul yang dipimpin oleh ketua pembina Yayasan Agus Mahdi Amien, yang dilanjutkan  menyanyikan lagu Indonesia Raya yang pandu oleh Aprilia Ridaf Arifah.


Pada acara sambutan yang disampaikan oleh ketua Pembina Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani ( YIKT - LPI Argopuro Panti ) Agus Mahdi Amien..


Dalam sambutannya, Ia mengajak kepada semua warga Yayasan maupun warga lembaga agar senantiasa ikhlas dan bersabar dalam mengemban amanat.


" marilah kita semua senantiasa untuk selalu sabar dan ikhlas, sabar dalam segala hal baik sabar dalam menghadapi ujian ataupun cobaan. Hal ini termaktub dalam Al-Quran : ۨالَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًا ۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُ ۙ ﴿الملك : ۲﴾ Terjemahan Indonesia: Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun. (QS. Al-Mulk: 2) " Jadi kuncinya ada pada kesabaran dan keikhlasan." paparnya.


Di tempat yang sama,  sambutan dilanjutkan oleh  Ketua YIKT Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti Jember, H.Agus Idham Khalid, S.Pd, Ia menyampaikan bahwa Sikap disiplin merupakan kesadaran diri yang muncul dari batin terdalam untuk mengikuti dan menaati peraturan-peraturan nilai-nilai dan hukum yang berlaku dalam satu lingkungan tertentu. 

Kesadaran yaitu kalau dirinya bersikap disiplin maka akan memberi dampak yang baik bagi keberhasilan dirinya pada masa depannya. Pembiasaan sikap disiplin berperan mempengaruhi, mendorong, mengendalikan, mengubah, membina dan membentuk perilaku-perilaku tertentu yang disebut bersikap berkepribadian sesuai dengan nilai-nilai yang ditanamkan, diajarkan dan diteladankan. Oleh karena itu perubahan perilaku seseorang termasuk prestasinya merupakan hasil dari suatu proses pendidikan dan pembelajaran yang terencana, informal atau otodidak. Orang yang disiplin selalu membuka diri untuk mempelajari banyak hal. 


Guru yang disukai para siswa ternyata adalah guru yang berdisiplin. Artinya, ia tertib dalam melaksanakan segala aturan yang berlaku dan mampu mendisiplinkan para siswa.


Guru dikatakan berdisiplin apabila mengajar tepat waktu, tidak dikurangi dan tidak dilebihkan. Masuk kelas, beristirahat, dan pulang tepat pada waktunya. guru dapat melakukan reinforcement (peneguhan) atau membari mereka reward (pujian).


" Saya mohon kepada warga lembaga agar pada jam 06.45 pintu gerbang ditutup dan bagi siswa ataupun dewan guru yang datang terlambat silahkan diluar dulu sampai pambacaan Surat Yasin selesai dibacakan, pintu gerbang silahkan pintu gerbang dibuka kembali " ucapnya.


Lebih jauh Ketua Yayasan H.Agus Idham Khalid yang juga ia menjabat sabagai  Kapolsek Ajung Jember, Ia juga memaparkan perihal loyalitas.


Loyalitas merupakan perilaku seseorang yang setia, patuh dan mengabdi terhadap lembaga, bekerja dengan menunjukkan sikap disiplin serta bertanggung jawab atas pekerjaan yang diembannya, dan Loyalitas yang perlu diutamakan  adalah gaya kepribadian seorang pendidik yang merupakan sikap dalam memahami, mengatasi dan memperbaiki situasi dilingkungan lembaga serta motivasi kerja yang merupakan keinginan dalam diri seorang guru yang dapat menimbulkan dorongan untuk bersemangat dalam mencapai tujuan.

Profesionalisme guru berkaitan erat dengan unsur manajerial kerja guru, selain itu dengan melihat dedikasi dan loyalitasnya terhadap profesi yang diembannya, mulai dari perencanaan, implementasi, evaluasi pembelajaran, dan mempunyai loyalitas keguruan, yaitu loyal terhadap tugas-tugas sebagai seorang pendidik . Tanggung jawab besar itulah yang tidak bisa dilewati begitu saja tanpa adanya penanaman loyalitas dari pribadi seorang pendidik.


Sikap loyalitas yang dimiliki sangat dibutuhkan untuk menentukan maju atau mundurnya suatu lembaga. Loyalitas merupakan suatu sikap yang timbul sebagai akibat dari keinginan untuk setia dan berbakti,  baik itu pada pimpinan, maupun pada Lembaga  yang menyebabkan seseorang rela berkorban demi memuaskan siswa dan siswi serta masyarakat.

" Saya butuh loyalitas dari semua dewan guru, monggo pilihan ada pada saudara semua, dan sikap saya tidak akan  pernah tumpul walau kepada keluarga yayasan sendiri, karena apa yang saya lakukan ini semua tiada lain kecuali hanya agar lembaga kita maju. Ayo bapak ibu dewan guru,  kita lanjutkan Prosedur, Hirarki dan loyalitas selalu dijaga." paparnya.


Acara rapat pembinaan dan penyerahan Surat Keputusan ( SK) guru, disaat waktu menunjukkan angka genap, yakni jam 10.00 Wib rangkaian acara  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu padamu negeri dan do'a penutup yang dipandu oleh  Drs.M.Qusyairi, LMT.

( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact