Kades Grenden Tegaskan Pemdes Tidak Pernah Terima Kontribusi Dari PT. Imasco - Kabare Jember

Breaking

Kades Grenden Tegaskan Pemdes Tidak Pernah Terima Kontribusi Dari PT. Imasco

Kades Grenden Tegaskan Pemdes Tidak Pernah Terima Kontribusi Dari PT. Imasco



Jember, kabarejember.com - Jalan akses keluar masuk kendaraan dari pabrik semen Singa Merah di bagian barat, tepatnya di dusun Kapuran desa Grenden kecamatan Puger kabupaten Jember saat ini sedang dalam proses perbaikan.


Jalan yang diperbaiki sepanjang 153 meter dengan lebar 7,3 meter tersebut merupakan aset desa milik pemerintah desa Grenden. Sementara sisanya yang sebelah timur adalah milik PG Semboro.


Kepala Desa Grenden,  Suyono menyampaikan bahwa jalan yang dipergunakan keluar masuk kendaraan pabrik semen Singa Merah PT. Imasco Asiatic yang berada di dusun Kapuran adalah  aset desa Grenden.


"Memang benar jalan tersebut adalah milik desa, dan selama ini Pemerintah Desa tidak pernah menerima kontribusi, baik berupa sewa ataupun apapun namanya, tidak ada pendapatan  yang masuk ke PAD desa Grenden." Ungkap Suyono kepada media di kantornya Kamis (12/05/2022).


Wajar kiranya kalau pihaknya (pemdes Grenden) meminta perbaikan jalan tersebut. Kondisinya rusak karena setiap hari dilewati kendaraan bertonase puluhan ton milik pabrik semen yang lalu lalang, imbuh Suyono.


"Kami meminta perbaikan karena jalan itu milik desa yang digunakan juga oleh masyarakat umum. Tetapi kerusakan terparah akibat kendaraan Imasco." Imbuhnya.


Suyono menyesalkan persoalan jalan tersebut menjadi ramai diperbincangkan saat ini. "Mestinya, perusahaan sebesar ini sudah mempersiapkan jalan dan segala sesuatunya sudah clear sebelum beroperasi, gak ramai mburi ngene iki," tegasnya.


Dalam kesempatan tersebut Suyono juga menerangkan bahwa Pemerintah desa berencana membuat regulasi untuk menggali potensi dari manfaat jalan tersebut.


"Kami sudah berkonsultasi dengan DPMD dan Bagian Hukum kabupaten Jember untuk membuat Perdes tentang pungutan. Tujuannya adalah untuk mendongkrak PAD desa," katanya.


Draf Perdes sudah selesai dan diserahkan kepada BPD untuk dipelajari materinya. "Dalam waktu dekat ini akan segera kami selesaikan setelah dipelajari BPD dan akan kami putuskan melalui Musdes,"


Harapannya pendapatan yang diperoleh akan dimasukkan sebagai Pendapatan Asli Desa dari jalur retribusi / pungutan desa, yang dapat dipergunakan untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraaan masyarakat Grenden. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact