Upah 2 Minggu Belum Dibayar, Puluhan Kuli Datangi Kantor PT. WKK - Kabare Jember

Breaking

Upah 2 Minggu Belum Dibayar, Puluhan Kuli Datangi Kantor PT. WKK

 Upah 2 Minggu Belum Dibayar, Puluhan Kuli Datangi Kantor PT. WKK


Jember, kabarejember.com - Puluhan kuli yang bekerja membangun gedung penggilingan padi milik Bulog, mendatangi kantor management PT. WWK (Wira Karsa Kontruksi) yang berlokasi di areal gudang Bulog Jambearum, Sabtu (29/01/2022). 


Kedatangan mereka untuk menagih dan meminta kejelasan pembayaran upah kerja yang sudah dua minggu belum dibayar, padahal manajemen berjanji hari Rabu (26/01/2022) dibayar. 


"Saya dan teman-teman semuanya kuli, kami minta manajemen sportif, kalau hari Rabu gajian, ya hari Rabu dibayar." ujar pak San alias Tigor, seorang kuli kepada media. 


Permasalahan tidak dibayarkannya upah tepat waktu menjadikan para pekerja harus rela menanggung malu karena tidak bisa membayar hutang makan. 


"Masalahnya banyak teman-teman yang bon di warung,  kalau luput bayarnya kan malu pak. Janjinya hari Rabu tapi sampai hari ini belum bisa bayar," ujarnya. 


Lebih lanjut Tigor menceritakan, kejadian lambatnya pembayaran upah pernah terjadi beberapa waktu lalu, tetapi masih bisa diatasi. 


"Beberapa kali terjadi, tapi ditalangi atau dibayari dulu mandor. Tapi karena saat ini tidak ada yang bayari lagi, jadi kami menemui pihak proyek," pungkasnya. 


San Tigor berharap pihak manajemen proyek bisa sportif terkait masalah waktu pembayaran upah. "Hari Senin atau Rabu tidak masalah, yang penting sportif."


Pemilik warung yang berada di areal proyek,  Sutini (50) mengatakan terkena imbas dari lambatnya pembayaran upah para  kuli. 


"Warung saya sampai kosong karena tidak ada yang membayar hutang. Rokok dan kopi yang biasanya banyak, sampai kosong," katanya. 


Sementara itu, pihak manajemen PT. WWK tidak bersedia menemui media untuk dikonfirmasi,dan mewakilkan kepada security. 


Seorang security bernama Rofiq mengatakan, hari ini tidak ada demo atau protes dari pekerja atau kuli. 


"Hari ini hanya musyawarah antar sub kontraktor dengan pekerja. Hasilnya, manajemen akan membayar gaji kuli pada hari Senin depan (31/01/2022)," Pungkasnya. (her)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact