Toyib Semakin Piawai Melakukan Kejahatan dan Keluar Masuk Bui - Kabare Jember

Breaking

Toyib Semakin Piawai Melakukan Kejahatan dan Keluar Masuk Bui

Toyib Semakin Piawai  Melakukan Kejahatan dan  Keluar Masuk Bui



Jember,kabarejember.com ------ Tindak kejahatan merupakan fenomena yang umum di masyarakat terlepas dari ringan atau pun berat kejahatan tersebut.


Menurut Kartono (2014) dalam Jurnal Empati, kejahatan adalah bentuk tingkah laku yang bertentangan dengan moral kemanusiaan (immoral), merugikan masyarakat, sifatnya asosiasi dan melanggar hukum serta undang-undang pidana.


Suatu tindak kejahatan dilakukan oleh pelaku kejahatan, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang melakukan tindakan melanggar hukum pidana atau peraturan yang berlaku di teritori di mana pelanggaran dilakukan, kemudian diadili dan dijatuhi hukuman dalam suatu prosesi peradilan.


Sanksi pidana merupakan suatu dasar untuk merehabilitasi perilaku dari pelaku perbuatan pidana tersebut, namun sanksi pidana tersebut masih belum memberikan efek jera terhadap pelaku perbuatan pidana.


Sanksi hukuman tidak membuat jera bagi Seorang Pria bernama Toyib( 44 tahun ) Resedivis yang bekerja sebagai  waker gudang Tembakau di Wilayah Serut terpaksa harus meringkuk lagi yang kesekian kalinya di kamar Prodio.


Tersangka Toyib asal Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten  Jember

pada ( Selasa 28-12-2021), jam 18:00 WIB. Terpaksa harus diamankan petugas reskrim lantaran  perkara tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang dikakukan  pada hari Selasa tanggal 28 - 12 - 2021.


Diketahui jam 05.00 WIB. 

dg Tkp didalam rumah korban / pelapor di Jl. Tengiri 27 RT.01 RW.06 Ds. Dukuhmencek, Kec. Sukorambi - Jember.


KORBAN \ PELAPOR :

INDAH SUSILOWATI

Perempuan umur 46th, pekerjaan pedagang, alamat Jl. Tengiri 27 RT.01 RW.06 Ds. Dukuhmencek, Kec. Sukorambi - Jember.


Kanit Reskrim Polsek Sukorambi  Aipda Teguh Siswanto,SH. saat dikonfirmasi wartawan media ini ( Rabu, 29/12/2021 ) mengungkapkan bahwa

"Barang Bukti yang  diamankan petugas :

~ Satu unit HP merk realme C11 beserta Dosbook.

~ Satu unit HP merk VIVO Y1s beserta Dosbook.

~ Satu unit HP merk Zenfone 2 beserta Dosbook.

~ Sebuah tas pinggang warna hitam." Ungkapnya.


Alur terungkapnya perkara ini yaitu,

Pada Hari Senin, tanggal 27 Desember 2021, sekira jam 22.00 WIB. Tersangka berangkat dari rumahnya yang terletak di Dusun.Glengseran, Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember dengan mengendarai sepeda motor untuk jaga gudang tempat tersangka bekerja yang berlokasi di Dusun Mencek, Desa Serut Kecamatan  Panti Kabupaten Jember.


Sesaat sesampainya di lokasi gudang, Tersangka duduk - duduk sampai tengah malam, selanjutnya pada hari Selasa tanggal 28-12-2021, sekira jam 01.00 WIB, tersangka dengan mengendarai sepeda motornya mencari sasaran rumah yang akan dijadikan target pencurian yakni disekitar Jl. Tengiri Dusun Botosari Desa  Dukuh mencek, Kecamatan Sukorambi KebupatenJember.


Selanjutnya sekira jam 01.30 WIB, Tersangka memarkir sepeda motornya di areal sawah yang berdekatan dengan warung sate Jumadi, kemudian dengan berjalan kaki menuju kearah timur dan melihat rumah korban dalam kondisi direnovasi / dibongkar yang menurutnya sudah sangat sunyi sehingga diperkirakan pemilik rumah sudah tidur terlelap dan situasi sekitar rumah tidak ada aktifitas ronda, sehingga Tersangka melakukan Aksi Pencurian tersebut dengan cara awalnya masuk kedalam pekarangan rumah korban dengan tidak merusak apapun karena pekarangannya tidak ada pagarnya, selanjutnya masuk kedalam rumah korban dengan melalui pintu yang hanya tertutup kain, setelah berhasil masuk Tersangka melihat korban sedang tertidur pulas, kemudian Tersangka mengambil tiga unit HP milik korban yang berada di lantai berdekatan dengan pemiliknya, selanjutnya setelah berhasil mengambil tiga unit Hp.


Setelah berhasil dalam aksinya, Tersangka keluar dari dalam rumah melalui pintu semula, selanjutnya Tersangka meninggalkan rumah korban menuju tempat kerjanya (gudang).


Korban / pelapor 

Indah Susilowati

( 46th ), pekerjaan pedagang, alamat Jl. Tengiri 27 RT.01 RW.06 Desa Dukuh Mencek, Kecamatan Sukorambi  Kabupaten Jember.


Sekira jam 03.30 Wib korban bangun dari tidurnya lalu sepontanitas korban terkejut karena melihat Hp yang ada di dekatnya sudah tidak ada.


Setelah  kejadian pencurian itu , korban berusaha melakukan pencarian terhadap HP tersebut namun tidak  ditemukan sehingga pada hari selasa pagi korban melaporkan perkaranya ke Polsek Sukorambi.


Dengan dasar laporan itu Kemudian unit Reskrim Polsek Sukorambi  mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP ) dan olah Tkp serta melakukan penyelidikan lidik dan  mencari  Bahan Keterangan ( baket ) terkait pelaku & Barang Bukti ( BB )


" Sekira jam 18.00 Wib Unit Reskrim saat melakukan penyelidikan dan akhirnya mengetahui keberadaan Tersangka dan Barang Bukti yang ada di areal rumahnya di  

Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan.Panti  kabupaten Jember; 

dan tanpa basa basi resedivis itu langsung ditangkap dan diamankan di kamar Prodio Polsek Sukorambi untuk dilakukan introgasi  serta pengembangan kasus. " Pungkas Teguh


Lanjut Teguh " bahwa Tersangka merupakan Residivis karena pernah di Hukum Penjara terkait kasus Sajam di wilayah Panti dan juga terkait dengan kasus Pembakaran mobil di areal Perum Kodim Desa Jubung Kecamatan Sukorambi serta kasus pencurian dengan pemberatan yang dilakukan di Desa Dukuh mencek  Kecamatan Sukorambi." Imbuh Teguh

( Yon )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact