Anak Jalanan di Selat Bali Dilatih Mitigasi Bencana, Pencegahan Covid-19 dan Pertolongan Pertama - Kabare Jember

Breaking

Anak Jalanan di Selat Bali Dilatih Mitigasi Bencana, Pencegahan Covid-19 dan Pertolongan Pertama

Anak Jalanan di Selat Bali Dilatih Mitigasi Bencana, Pencegahan Covid-19 dan Pertolongan Pertama



Banyuwangi, kabarejember.com ---- Palang Merah Indonesia (PMI) tidak ada henti-hentinya memberikan edukasi pada anak-anak dari tingkat Taman Kanak Kanan hingga Sekolah Dasar. Seperti pada Sabtu (18/12/21), PMI memberikan edukasi di lima titik yang ada di kabupaten  Banyuwangi, Jawa Timur.


Di kota ujung timur pulau jawa tersebut, Selama dua hari Kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana digelar dan salah satunya adalah memberikan edukasi pada anak jalanan dengan ditempatkan dirumah literasi, Ketapang. Edukasi dilakukan untuk melatih kesiapsiagaan anak terhadap kerentananan bencana di wilayahnya.

"kebetulan Kabupaten Banyuwangi berdempetan dengan selat bali dan pesisir pantai selatan, sehingga rentan sekali dengan bencana gempa dan tsunami, karenanya kami dari Palang Merah Indonesia memberikan edukasi untuk menjadi bekal bagi mereka jika sewaktu waktu didaerahnya terjadinya bencana. " kata Nur Hadi, Wakil ketua PMI kabupaten Banyuwangi.


Lima titik tersebut diantaranya Rumah Literasi Ketapang, TPQ Safinatul Huda Depan Hotel Baru Tukangkayu, P.A Roudlotul Jannah Karangrejo. Dan untuk hari kedua ditempatkan di kelompok anak disabilitas Sobo dan anak Sinbar Mojopanggung, total 150 siswa TK dan SD.


Sementara, Ade Hergalia, Manajer Program Koica dari PMI Pusat yang ikut mendampingi kegiatan, mengatakan PMI berkerjasama dengan Koica membuat program edukasi kepada anak-anak jalanan, anak- anak panti asuhan, anak anak yang tidak tersentuh oleh media informasi lainnya. Anak-anak tersebut diajarkan kepada mereka bahwa kita harus siap siaga dan selamat jika terjadi bencana kemudian diajarkan tentang pencegahan COVID-19 dan pertolongan pertama." Ungkap Ade Hergalia. 


Selain di Banyuwangi, Edukasi koica for kids juga digelar didaerah lain, tergantung kerawanan potensi bencana di daerah masing masing. Dengan edukasi yang diberikan tersebut, anak akan siap, siaga serta tujuan terpenting adalah selamat dari bencana. ( heri/hms) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact