Wiwik Suwitolaksono,SS Ikuti Diklat CKS - Kabare Jember

Breaking

Wiwik Suwitolaksono,SS Ikuti Diklat CKS

Wiwik Suwitolaksono,SS Ikuti Diklat CKS


Jember,kabarejember.com----- 

Wiwik Suwitokaksono,SS kepala Sekolah di SMAS Argopuro Panti Kabupaten Jember mengikuti acara Diklat CKS ( Calon Kepala Sekolah ) 2021 .


Diklat CKS( calon kepala sekolah ) pada tahun 2021 diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Perguruan Swasta ( BMPS ) Jawa Timur yang bekerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya ( UNESA )dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah ( LPPKS )Jawa Timur  dilakukan dengan Model Luring (luar jaringan). 


Berdasarkan Permendikbud No 6 tahun 2018 Tentang penugasan Guru sebagai Kepala sekolah menjelaskan bahwa guru sebagai kepala sekolah harus mengikuti Diklat CKS ( Calon Kepala sekolah ) sebagai salah satu syarat untuk menduduki jabatan.


Pelaksanaan diklat CKS (calon kepala sekolah) dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu On the Job Training 1 (OJT 1), In Service Training 1 (IST 1) dan On the Job Training 2 (OJT 2), In Service Training 2 (IST 2) yang secara umum kegiatan pendidikan dan pelatihan masing-masing tahapan sebagai berikut : 


1. Tahap OJT 1 (On the Job Training 1)


OJT 1 diklat CKS dilaksanakan di sekolah tempat tugas calon kepalas sekolah masing-masing dengan dibimbing oleh Pengajar diklat serta kepala sekolah asal sebagai mentor 1. Materi dalam OJT 1 ialah mengidentifikasi masalah terkait pembelajaran / proses pembelajaran dan selanjutnya merumuskan masalah utama, serta menentukan ide / gagasan inovasi untuk memecahkan masalah pebelajaran.


2. Tahap IST  1 (In Service Training 1)


IST 1 dalam diklat CKS dilaksanakan pada tempat diklat yang ditentunkan dengan difasilitasi oleh pengajar diklat secara tatap muka langsung. pada tahap ini calon kepala sekolah anak mendiskusikan dalam kelompok mengenai hasil OJT 1 terkait ide  / gagasan inovasi untuk memecahkan masalah dan berbagi pengalaman dengan di bimbing oleh pengajar berdasarkan sumber belajar yang di pelajari.


Dalam tahap IST 1 ini juga para CKS ( calon kepala sekolah ) menyusun matrik Rencana Proyrk Kepemimpinan (RPK), dan penongkatan Kometensi (PK) serta menyusun jadwal RTL (recana tindak lanjut) yang akan dilaksanakan pada sekolah asal dan sekolah magang. 


3. Tahap OJT 2 (On the Job Training 2)


Pada OJT 2 Wiwik Suwitolaksono,SS melaksanakan Diklat CKS ini di SMAS Argopuro Panti Jember dan di SMA Plus Al - Hasan Kemiri Panti Kabupaten Jember ( Tempat Magang magang), dalam perosesnya dibimbing oleh pengajar diklat.


Pada tahap ini OJT 2 ini Wiwik Suwitolaksono,SS melaksanakan RPK (Rencana Proyek Kepemimpinan), Kajiam Manajerial sekolah (KM) dan PK (Peningkatan Kompetensi Sesuai dengan jadwal RTL, menganalisi hasil monitoring dan evalusi, mempersiapkan gelar karya, membuat laporan dan video untuk karya. 


" Untuk kegiatan Kajian Manajerial Sekolah (KM )kami lakukan di SMA Plus Al - Hasan dan di SMA Argopuro Panti, dan PK (Peningkatan Kompetensi di SMA Plus Al-Hasan, sedangkan tugas yang lainnya kami lakukan di SMAS Argopuro Panti, " kilahnya.


4. Tahap IST  2 (In Service Training 2)


Tahap IST 2 dilaksanakan di tempat diklat yang telah ditentukan dan difasilitasi oleh pengajar. pada tahap IST 1 peserta diklat CKS akan memaparkan laporan hasil RTL yang meliputi tugas RPK, KM dan PK dan melaksanakan gelar karya inovasi sebagai peroduk / output kegiatan diklat CKS


 " Alhamdulillah Selama lebih kurang 3 bulan lamanya yaitu sejak bulan September 2021 kami mengikuti Diklat CKS ( Calon Kepala Sekolah )dan sampai saat ini juga Kamis 11 November semua tugas untuk tahap 1, 2 dan tahap ke-3 sudah kami tuntaskan termasuk pembuatan Video yang berdurasi 7 Menit 50 detik, dan tinggal tahap ke-4  yang acaranya akan dilaksanakan mulai hari Jum'at ( tanggal 12 hingga 18 November 2021 " ucap Wiwik kepada media ini.

( Mulyono ) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact