Gubernur Jatim Siapkan 10 M, Guna Pembangunan Dermaga Sandar Kapal Nelayan Puger - Kabare Jember

Breaking

Gubernur Jatim Siapkan 10 M, Guna Pembangunan Dermaga Sandar Kapal Nelayan Puger

Gubernur Jatim Siapkan 10 M,  Guna Pembangunan Dermaga Sandar Kapal Nelayan Puger



Jember, Kabarejember.com -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyanggupi akan memberi bantuan keuangan sebesar 10 miliar rupiah untuk pembangunan dermaga sandar, break water, dan normalisasi sedimentasi di Laut Puger kabupaten Jember.


Pernyataan Gubernur Jatim ini sebagai jawaban atas permintaan yang disampaikan Bupati Jember Hendy Siswanto dalam kesempatan kunjungan Gubernur Khofifah dalam acara "Beach Clean Up and & Vaksinasi" di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger, Jumat sore (05/11/2021).


"Hari ini saya minta kepada Kadishub Propinsi untuk segera mengajukan usulan keuangan untuk Puger sebesar 10 miliar, seperti yang disampaikan Bupati Jember untuk membangun dermaga sandar dan pengerukan sedimentasi," ujar Gubernur Khofifah. 


Dalam kesempatan sebelumnya, Bupati Jember Hendy Siswanto membeberkan kondisi nelayan Puger yang membutuhkan dermaga sandar agar kapal bisa langsung sandar di bibir dermaga, sehingga memudahkan pengangkutan hasil tangkapan.


"Ribuan nelayan di Puger, sampai hari ini tidak punya tempat sandar perahu, jadi apabila air laut pasang, nelayan harus menarik kapal naik ke darat. Dalam kesempatan ini saya mohon ibu Gubernur menyisihkan untuk pembangunan dermaga sandar," pinta Bupati Hendy dalam pidatonya.


Dia juga menjelaskan bahwa pintu dari sungai menuju laut Puger yang disebut "Plawangan" sangat membahayakan karena jalurnya sempit, sedangkan ombak yang dari laut sangat besar, dan seringkali terjadi pendangkalan.


"Kondisi ini insya Allah dapat diatasi dengan penambahan break water dan pengerukan muara sungai akibat sedimentasi." Kata Hendy.


Adapun rangkaian kegiatan Gubernur Jatim di Puger, diawali dengan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi yang digelar di TPI.


Selanjutnya meninjau kondisi dan kebersihan pinggiran sungai yang selama ini menjadi dermaga tradisional nelayan Puger. 


Kehadiran Gubernur Khofifah bersama jajaran kepala OPD Propinsi terkait, didampingi oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, Wabup Jember Gus Firjaun, beberapa kepala OPD Jember.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Puger, Kepala Desa Puger Kulon kecamatan Puger. (heri/hms)



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact