Wakil Bupati Jember Launching Kampung Nelayan Sadar Zakat di Pantai Cemara - Kabare Jember

Breaking

Wakil Bupati Jember Launching Kampung Nelayan Sadar Zakat di Pantai Cemara

Wakil Bupati Jember Launching Kampung Nelayan Sadar Zakat di Pantai Cemara


Jember, kabarejember.com -- Wakil Bupati Jember KH Firjaun Barlaman MB meresmikan / launching Kampung Nelayan Sadar Zakat di Pantai Cemara Getem dusun Kalimalang Desa Mojomulyo kecamatan Puger, Kamis (14/10/2021).



Peresmian dilakukan di pantai Cemara Getem ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Wabup Jember secara  bersamaan dengan beberapa pejabat yang hadir antara lain Kepala Kemenag Jember, kemenag Lumajang, Muspika Puger, penyuluh, dan unsur lainnya.


"Kami sangat mendukung adanya kampung sadar zakat, ini merupakan launching yang ke 22 Kampung sadar zakat, minimal tiap kecamatan ada satu," ungkap Wabup Jember.


Gus Firjaun mengharapkan di seluruh kecamatan se-kabupaten Jember bisa terealisasi sebagai bentuk upaya menyadarkan masyarakat untuk saling membantu.


"Melalui zakat, apabila dikelola dengan benar dan tepat sasaran ini akan menjadi kekuatan yang besar untuk kesejahteraan umat Islam dan masyarakat," papar Gus Firjaun


Sementara itu, di tempat terpisah kepala KUA kecamatan Puger, Kusnan Winardi S.H. S.Sos MSI mengungkapkan kepada media, bahwa hal yang melatarbekangi kegiatan adalah potensi zakat para nelayan yang jarang disentuh.


Maka dengan dibentuknya kampung nelayan sadar zakat ini, diharapkan apabila nantinya nelayan dapat rejeki berupa ikan, sebagian hasilnya dizakatkan.


"Nanti kita kirim ke Badan Zakat Nasional (Baznas), jadi semua ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, semua orang Muslim," ujarnya.


Lebih lanjut Kusnan menjelaskan, dalam kegiatan ini dihadirkan 100 anak yatim piatu dan Dhuafa yang akan mendapatkan santunan dari beberapa lembaga amil Zakat, dan Pemkab Jember melalui Wabup.


"Semua ini tujuannya tidak lain adalah adalah kesejahteraan umat, kita maju bersama menjadi negara bahkan kabupaten yang sejahtera lahir dan batin," kata Kusnan.


Dia menegaskan kegiatan ini merupakan inisiasi dari KUA Puger bersama para Penyuluh Agama Islam (PAI) se-kecamatan Puger.


"Dana yang dipakai adalah murni dana swadaya tanpa ada bantuan dari Pemerintah. Semua bahu-membahu urunan, Kami, penyuluh,  pak kampung, dan masyarakat semua guyup untuk kesejahteraan umat." Katanya.


"Kami bangga bisa menyelenggarakan acara ini secara guyup rukun urunan, meskipun tanpa bantuan dana negara. Alhamdulillah kebanggaan tersendiri buat saya," tegas Kusnan.


Menutup wawancara, Kusnan mengatakan, dia sengaja memilih pantai Cemara karena ini lokasi ini merupakan wisata nelayan dan lebih alami.


"Karena nama acaranya Nelayan Sadar Zakat, ya harus di pinggir pantai dong, lebih asyik." Pungkas Kusnan. 


Informasi, acara ini disupport oleh beberapa lembaga zakat yaitu Kemenag Jember, BAZNAS Jember, Lazisnu Kencong, Lazismu, Nurul Hayat,  Zakat Kita, Yatim Mandiri, ZKA Al Baitul Amin, Zawa, dan masyarakat sekitar. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact