Hanya 1x24 jam Unit Reskrim Polsek Sukorambi Jember Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Aset Negara. - Kabare Jember <>

Breaking

Hanya 1x24 jam Unit Reskrim Polsek Sukorambi Jember Berhasil Ungkap Kasus Pencurian Aset Negara.

Hanya 1x24 jam Unit Reskrim Polsek Sukorambi Jember Berhasil  Ungkap Kasus Pencurian Aset Negara.



  • Jember,kabarejember.com

Pria berinisial WBH umur ( 34 tahun) pegawai staf di SMK Negeri 5 Jember harus meringkuk di kamar prodio polsek Sukorambi gara-gara diduga melakukan pencurian terhadap aset negara berupa Tabled merk Advan type 8001 di SMKN 5 Jember yang merupakan bantuan dari pemerintah.


Dalam melakukan aksinya, pria berinisial WBH asal Jl. Gajah Mada IV / 37 Lingkungan Ledok Rt. 003 Rw. 020 Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember ini melakukan pencurian Tabled merk Advan Type 8001 tersebut sejak Bulan Januari 2021 sampai dengan bulan Juni 2021  dengan cara memanfaatkan kelengahan petugas pendata aset sekolah yang dijabat oleh Muchamd Yasin( pelapor).


Terhadap kejadian pencurian itu, pihak sekolah tidak langsung melaporkan ke pihak berwajib karena masih berupaya melakukan pencarian dan pendataan.


Setelah melakukan pendataan terhadap barang yang hilang,lalu staf SMKN 5 Jember yang bernama Muchamad Yasin melaporkan ke pimpinannya dan oleh pimpinannya diarahkan untuk laporan ke Polsek Sukorambi  dengan dengan bukti laporan  Polisi : LP - B/44/X/KkA/2021/Reskrim , tertanggal 4 Oktober 2021.


" Atas dasar laporan tersebut Unit Reskrim Polsek Sukorambi dan petugas segera melakukan cek serta olah Tempat Kejadian Perkara ( TKP ) dan juga malalukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi" ungkap kanit Reskrim Polsek Sukorambi AipdaTeguh Siswanto,SH, Rabu ( 06/10/2021).


Menurut Teguh 

" kami segera melakukan  lidik dengan mencari  keberadaan barang bukti dan berhasil menemukan sejumlah 75 unit Tabled merk Advan type 8001 di sebuah Counter di jalan kalimantan jember, Kemudian kami segera melakukan penyitaan dan melakukan pemeriksaan terhadap pemilik counter,dan  dari hasil pemeriksaan tersebut, pemilik counter mengaku telah mendapatkan Tabled tersebut dari Tersangka BBH. Setelah Mendengar pengakuan dari pemilik Counter itu yang sekaligus bisa kami jadikan sebagai  keterangan petunjuk, kami segera melakukan pencarian terhadap Tersangka dan melakukan penangkapan serta membawa ke Mapolsek Sukorambi untuk diamankan dan  dilakukan pemeriksaan. Hasil dari  pemeriksaan tersebut  tersangka mengakui telah melakukan pencurian sekira kurang lebih 100 unit Tabled merk Advan di dalam ruangan  SMKN 5 Jbr " .papar Aipda Teguh Siswanto,SH. Kepada wartawan media ini.


Lanjut Kanit Reskrim  Aipda Teguh Siswanto,SH. saat mendapingi Kapolsek Sukorambi AKP Sigit Budiono,SH. Kepada wartawan media ini memaparkan " selain melakukan melakukan penahanan terhadap pelaku pencuri, kami juga melakukan penahanan terhadap pelaku penadah yang berinisial AW dari barang hasil curian tersangka WBH ( Rabu 06/10/2021 )." lanjut Teguh


Tersangka Penadah yang berinisial AW ( 39 tahun/non muslim )asal Jl. Mojopahit V – 6 Lingkungan Gardu Rt. 001 Rw. 010 Kelurahan Sempusari Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.


Barang bukti yang berhasil diamankan polisi diantaranya :

-  23 (dua puluh tiga) unit Handphone ADVAN ANDROID model 8001.

-  36 nota penjualan dari Coutnter Galaxy Phone barang berupa Komputer Tablet Vandroid / TAB merek ADVAN Type 8001.


" Pada hari Rabu tanggal 06 Oktober 2021 , sekira jam 12.00 WIB, petugas Polsek Sukorambi telah melakukan penangkapan terhadap pelaku penadah terkait kepemilikan 23 (dua puluh tiga) unit Handphone ADVAN ANDROID model 8001 yang diduga merupkan hasil kejahatan, setelah dilakukan pengecekan terhadap ke 23 unit TAB tersebut diketemukan bahwa nomor imei TAB tersebut identik dengan TAB milik SMK Negeri 5 Jember yang telah hilang, adapun modus operandi pelaku dengan cara : pelaku membeli Komputer Tablet Vandroid / TAB merek ADVAN Type 8001 dari WBH  sebanyak lebih dari 10 (sepuluh) kali transaksi (per transaksi 2 sapai 5 TAB) sejak bulan Mei 2021 sampai dengan bulan Agustus 2021 (jumlah total pembelian 75 unit), dan untuk transaksi pembelian TAB tersebut rata – rata berkisara pukul. 12.00 Wib di counter Galaxy Phone milik pelaku yang berlokasi di Jl. Kalimantan No. 79 Kel. Tegalboto Kecamatan Sumbersari Kab. Jember, pelaku membeli Komputer Tablet Vandroid / TAB merek ADVAN Type 8001 dari WBH dengan 4 (empat) kriteria harga dengan perincian : 

a. Untuk kriteria TAB yang memiliki nomer imei antara TAB dan doosbok tidak sama serta tidak terdapat kartu garansi dengan harga Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).

b. Untuk kriteria TAB yang memiliki nomer imei antara TAB dan doosbok sama serta terdapat kartu garansi dengan harga Rp. 800.000,- (delapan ratus ribu rupiah).

c. Untuk kriteria TAB yang memiliki nomer imei antara TAB dan doosbok sama namun tidak ada kartu garansi dengan harga Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah).

d. Untuk kriteria TAB yang memiliki nomer imei antara TAB dan doosbok sama namun kondisi TAB mati  dengan harga Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).

Selanjutnya pelaku menjual Komputer Tablet Vandroid / TAB merek ADVAN Type 8001 yang dibeli dari WBH bervariasi sesuai kondisi TAB, untuk yang kondisi mati seharga Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah), untuk TAB kondisi normal  (imei cocok disertai kartu garansi) seharga Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah), untuk TAB kondisi normal  (imei tidak cocok dan tidak ada kartu garansi) seharga Rp. 850.000,- (delapan lima puluh ribu rupiah), pelaku mengaku telah menjual 52 (lima puluh) unit TAB kepada konsumen sesuai 27 lembar nota penjualan yang telah disita petugas" kilahnya

( Yon)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact