Atasi Kelangkaan Pupuk, Pemkab Akan Bangun Pabrik Sendiri - Kabare Jember

Breaking

Atasi Kelangkaan Pupuk, Pemkab Akan Bangun Pabrik Sendiri

 Atasi Kelangkaan Pupuk, Pemkab Akan Bangun Pabrik Sendiri



JEMBER, Kabarejember.com - Hampir setiap tahun kelangkaan pupuk subsidi dari pemerintah pusat selalu dirasakan oleh para petani di Kabupaten Jember. 


Apalagi di masa pandemi ini pupuk subsidi semakin langka diakibatkan pembatasan subsidi karena anggaran APBN dipergunakan penanggulangan covid-19.


Melihat kondisi memprihatinkan ini, Bupati Hendy Siswanto menawarkan solusi untuk para petani yaitu Pemkab Jember akan membangun pabrik pupuk sendiri supaya para petani Jember tidak kesulitan lagi akan kebutuhan pupuk.


“Sebelum membangun, harus kita samakan persepsi dulu, syaratnya petani komitmen mendukung dan membeli pupuknya, karena memproduksi sendiri maka akan lebih murah dan diprioritas untuk petani Jember,” ungkap Bupati Jember Hendy dalam acara pelepasan bantuan pupuk non subsidi dan benih padi serta jagung, Kamis (14/10/2021).


Dalam kesempatan  tersebut Bupati Jember juga menyampaikan,  pertanian adalah sektor andalan bagi kabupaten Jember yang berpotensi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember, karena 70 persen lahan di Jember adalah lahan pertanian.


"Jember menempati urutan ke-empat terbesar dalam swasembada pangan dari hasil pertanian di Jawa Timur, maka dari itu wajib bagi kami untuk menangani persoalan yang dihadapi para petani kita, wes wayahe petani Jember keren lan makmur," tegas Bupati Hendy. (her)















Bupati Hendy juga mendorong para petani untuk tidak menjual gabah, melainkan menjual beras.










“Jangan jual gabahnya, bawa pulang dulu ke rumah masing-masing, diselep jadi beras, lalu dijual berasnya,” pesannya. (ipf)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact