Semangat HUT PMI Ke-76 Bertema Bergerak Bersama Untuk Sesama - Kabare Jember <>

Breaking

Semangat HUT PMI Ke-76 Bertema Bergerak Bersama Untuk Sesama

Semangat HUT PMI Ke-76 Bertema Bergerak Bersama Untuk Sesama



Jember, kabarejember.com --  Tanggal 17 September 2021 adalah HUT PMI ke 76 tahun, dan dirayakan di tengah pandemi covid-19 yang telah memasuki tahun kedua dengan Semangat Menggalang Pemulihan Bangsa Indonesia. 


Secara Nasional, tahun ini PMI menyemarakkan HUT PMI ke-76 pada 17 September 2021 dengan tema 'Bergerak Bersama untuk Sesama' dengan harapan percepatan pemulihan bangsa Indonesia dari pandemi.


EA. Zaenal Marzuki, SH, MH, Ketua PMI Kabupaten Jember mengatakan, PMI Jember mengambil peran penting sejak awal maret tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Jember, dan hingga saat ini tetap dilakukan secara konsisten sebagai komitmen mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Jember. 


Kasus Covid-19 di Kabupaten Jember menunjukkan trend penurunan sehingga penerapan PPKM yang semula di level 2  turun level 1. hal inilah yang menjadi evaluasi pentingnya peran PMI bersinergi dengan pemerintah daerah dan elemen masyarakat lainnya untuk terus bergerak bersama mengentaskan pandemi. 


Tercatat, upaya penanggulangan Covid-19 tersebut secara konsisten dilakukan PMI Kabupaten Jember hingga kini tanpa membeda-bedakan suku, ras, golongan maupun Agama. 


Sebagaimana tugas dan fungsinya PMI Kabupaten Jember masih rutin melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggal serta di fasilitas publik di 31 Kecamatan hingga bulan lalu. 


Dalam menjalankan tugasnya tersebut, PMI Jember telah menyisihkan anggaran secara mandiri untuk operasional kegiatan penanggulangan Covid-19, dan didukung seluruh kekuatan personil maupun armada pendukung lainnya juga disiagakan secara penuh untuk melayani masyarakat di seluruh Kabupaten Jember. 


"Dalam upaya pengendalian virus mematikan ini, PMI selalu bersinergi  dengan seluruh pihak dan berkomitmen menjadi organisasi yang terdepan dalam upaya pengendalian Covid-19. Hingga saat ini seluruh relawan terus bergerak, mulai dari memberikan edukasi, sosialisasi, penyaluran bantuan, ambulan Jenazah, penyediaan darah plasma dan layanan lainnya," kata E.A Zaenal Marzuki


Zaenal menambahkan, kolaborasi antar pihak merupakan kunci penting dalam pengentasan pandemi. Beban memulihkan Kabupaten Jember ini akan lebih ringan bila dikerjakan bersama atau secara gotong-royong,  seperti  tema yang diusung dihari jadi PMI kali ini, Bergerak Bersama, untuk Sesama.


"Seperti pepatah menyebutkan "berat sama dipikul, ringan sama dijinjing", yang memiliki arti jika beban  dikerjakan sendiri akan terasa berat, tetapi dengan gotong royong mampu meringankan beban tersebut," terangnya. 


Ditegaskan, selain kolaborasi, diperlukan komitmen dan sinergitas antar pihak dalam pemulihan ini. Artinya, semua pihak yang terlibat saling membantu agar tercipta ketangguhan masyarakat Jember dalam mengatasi pandemi covid-19.


"Dari 38 Kabupaten dan kota di provinsi jawa timur, Kabupaten Jember salah satu dari 6 kabupaten dan kota yang dinilai berhasil menekan penyebaran virus sehingga Jember menempati posisi  Level 1 penerapan PPKM, artinya seluruh elemen masyarakat bergerak bersama pemerintah telah mampu mengendalikan pandemi dengan baik, tentunya, kondisi ini tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan oleh berbagai pihak, kita tidak boleh lengah karena pandemi belum berakhir," lanjutnya.


Dengan menggelorakan semangat ‘Bergerak Bersama Untuk Sesama’, diharapkan seluruh komponen PMI Jember dapat bergerak bersama dengan semua pemangku kepentingan terkait seperti relawan,  masyarakat,  pemerintah, korporasi, dan lembaga sosial untuk dapat bersama-sama bergerak membangun ketahanan dan ketangguhan daerah dalam upaya pengentasan pandemi covid-19.


Tahun ini, PMI Jember dengan kekuatannya terus melakukan terobosan terobosan strategis untuk menekan angka kematian dan membantu kesembuhan pasien yang divonis terkonfirmasi covid-19, dengan mendatangkan alat Apheresis yang dibeli secara mandiri untuk melayani permintaan plasma konvalesen dari pasien yang dirawat di rumah sakit yang tersebar di wilayah  Jember maupun luar kota. (heri/hms) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact