Masyarakat Kepanjen Inginkan Aktifitas Tambak Tidak Merusak Lingkungan - Kabare Jember <>

Breaking

Masyarakat Kepanjen Inginkan Aktifitas Tambak Tidak Merusak Lingkungan

Masyarakat Kepanjen Inginkan Aktifitas Tambak Tidak Merusak Lingkungan



Jember, kabarejember.com --Kelompok Perjuangan Masyarakat Kepanjen, berkunjung ke Pemkab Jember untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan warga terkait aktifitas tambak di pesisir pantai desa Kepanjen, Sabtu (11/09/2021).


Kunjungan mereka  diterima oleh Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) di pendopo Wahyawibawagraha.


Perwakilan warga menyampaikan keluhan yang disampaikan perwakilan warga terkait aktivitas tambak udang vaname di sepanjang pesisir pantai Kepanjen Gumukmas.


"Limbah yang dihasilkan dari tambak tersebut berdampak pada rusaknya tanaman pertanian warga, dan uap merusak lingkungan warga," ungkap seorang perwakilan warga, Setyo Ramires.


Setyo juga menyampaikan bahwa limbah yang dibuang langsung ke laut mengakibatkan rusaknya ekosistem biota laut yang merugikan para nelayan.


“Lahan rusak, tanam cabe, kates (pepaya) dan semangka itu ndak bisa. Karena kena uap dari kincir itu,” ungkapnya.


Menanggapi berbagai keluhan warganya, Bupati Jember Hendy Siswanto berjanji akan mendahulukan tentang status perijinan usahanya.


“Apakah memang legal atau ilegal, tentunya dari ijin ini akan terlihat, ijin itu berkaitan dengan segala aturan aktivitas tambak, termasuk bagaimana pengelolaan limbahnya, jika memang tidak beres ijinnya kami bisa bertindak, ” ungkap Bupati Hendy.


Bupati Hendy menegaskan, pihaknya sedang melakukan inventarisasi tanah pesisir, dimana untuk diambil hak kelolanya oleh Pemkab, 100 meter dari bibir pantai.


“Termasuk tambak juga, jika tidak punya dasar hukumnya, tidak punya ijin maka akan kami tertibkan,” sambungnya.


"Sektor kelautan potensinya luar biasa, ini akan memaksimalkan PAD kita dan kami kembalikan kepada warga Jember, caranya bagaimana ?ya Pemkab Jember harus menguasai dulu kawasan tersebut untuk kemudian dikelola,” ungkapnya. 


Dengan pengelolaan oleh pihak Pemkab Jember, maka Bupati Hendy dapat memaksimalkan potensi tersebut maka PAD bisa disalurkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi angka kemiskinan. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact