YIKT-LPI Argopuro panti jember gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H/2021. - Kabare Jember <>

Breaking

YIKT-LPI Argopuro panti jember gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H/2021.

YIKT-LPI Argopuro panti jember gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1443 H/2021.

 




jember,kabarejember.com -----

Dalam rangka menyemarakkan tahun baru islam 1443 H, Yayasan Iktiar Kejayaan Tani ( YIKT ) Argopuro Panti Jember gelar acara rutin yang diadakan setiap setahun sekali, sekaligus memperingati momentum 10 Muharram itu dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim.


Acara yang diselenggaran di Musholla Al-Manhal ini dipandu oleh Hasanah Ikawati, S.Sos sebagai pembawa acara yang dihadiri dihadiri oleh ; Ketua Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani H.Agus Idham Khalid,SPd beserta jajarannya, Ketua Badan Amil Zakat Nasional ( BAZNAS ) Kabupaten  Jember KH.Misbah, KH Fauzan Arrosi, Para tokoh terkemuka dari wilayah kecamatan Panti, Semua Dewan guru dari TK, MI, SMP, dan SMA beserta jajarannya yang berasal dari lingkup YIKT-LPI Argopuro Panti Jember.


Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dilanjutkan pada acara sambutan - sambutan. 


Ketua YIKT Argopuro Panti dalam sambutannya memaparkan selayang pandang perihal yayasan dan lembaga serta terselenggaranya acara memperingati 10 Muharram.


" acara santunan seperti saat sekarang ini rutin diadakan setiap tahun oleh yayasan, semoga kedepan Yayasan dan Lembaga Pendidikan Islam Argopuro Panti Jember semakin berkembang, dan senantiasa siap bersinergi dan bersaing di era globalisasi.

 Yayasan  punya cita - cita ingin secepatnya  mendirikan Universitas sendiri sehingga kedepan khususnya lulusan dari lembaga Pendidikan Islam Argopuro tidak perlu kuliah ke perguruan tinggi lain".papar ketua Yayasan.


Ketua BAZNAS Kabupaten Jember melanjutnya sambutan berikutnya.Beliaunya pada inti sambutannya sangat antusias dan sangat mendukung acara yang secara rutin tiap tahun di selenggarakan oleh Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani ( YIKT )Argopuro Panti Jember.

" Kami sangat mendukung acara yang diselenggarakan oleh  yayasan ini. Kami senantiasa memberikan santunan pada anak yatim di beberapa tempat di Jember,  bukan hanya santunan yang kami lakukan namun kami juga bersedia

membantu seperti  pipa saluran air di daerah - daerah yang berada di wilayah kabupaten jember bagi yang membutuhkan." Tukas KH.Misbah.


Puluhan anak yatim yang berasal dari Lembaga Pendidikan Islam ( LPI ) Argopuro   yakni dari TK, Mi, SMP dan SMA Argopuro.( 19/8/2021 )


Tahun Baru Hijriyah tepat pada 1 Muharam dalam sejarahnya dikaitkan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah pada tahun 622 Masehi.


Kenapa bulan muharram begitu istimewa ? Dalam Algur'an surah At - taubah ayat 36, Allah mengabarkan hal 4 bulan Agung ( bulan- bulan haram )yang wajib dimuliakan yaitu ; Dzulqo'dah, Djulhijjah,Muharram, dan Rajab.Pada bulan-bulan ini umat islam dilarang menganiaya diri sendiri dan sebaliknya dianjurkan memperbanyak amal saleh.


Berikut ada beberapa peristiwa bersejarah pada tanggal 10 Muharram , seperti ;

1. Diciptakannya Nabi Adam alaihi salam di Surga

2. Duterimanya taubat Nabi Adam as

3. Naik dan sejajarnya perahu nabi Nuh as dengan bukit zuhdi setelah banjir besar.

4. Terbelahnya laut merah untuk nabi Musa as setelah dikejar fir'aun

5.Tenggelamnya Fir'aun di dasar laut merah saat mengejar nabi Musa as

6.dikeluarkannya Nabi Yunus dari perut ikan

7.Dikeluarkannya Nabi Yusuf as dari sumur setelah diceburkan saudara-saudaranya

8. Diterimanya umat Nabi Yunus as.

9. Dilahirkannya Nabi Ibrahim as.

10. Selamatnya Nabi Ibrahim as dari api yang membakarnya oleh Raja Namrud.


Mengutip Ceramah dari KH Fauzan Arrozi Lc yang hadir pada acara itu, bahwa disamping banyak peristiwa penting  di bulan Muharram, ada pula peristiwa kelam dan sangat menyedihkan bagi umat islam yaitu perang Karbala yang terjadi pada hari jum'at tanggal 10 Muharram 61 H.atau tanggal 10 Otober 680 M, dan terbunuhnya seluruh pasukan keluarga Ali, kecuali Ali Zainal Abidin radiyallahu 'anhu ( Cicit keturunan Raaulullah )yang selamat saat melawan pasukan bersenjata.


" Kenapa santunan  pada anak yatim kok dilakukan pada 10 Muharram, ya karena menghormati keturunan Rasulullah yang bernama Ali Zainal Abidin " ucap KH. Fauzan.


Lanjut KH. Fauzan ,bahwa Menyantuni anak yatim sangat dianjurkan sesuai dengan Surah Al-Ma'un ( ayat 1 - 3 ).


Disamping itu Kita harus menyayangi anak yatim, dan kalau mengingatkan mereka  harus lemah lembut jangan sampai anak yatim itu menangis Karena Arasy bergoncang". tukas KH Fauzan Arrosi Lc.


Usai ceramah agama, acara dilanjutkan dengan pembacaan do'a.


Menjelang jam 09.45 Wib acara dilanjutkan dengan pemberian  beasiswa kepada  siswa tahfidzul Qur'an, dan tepat jam 10 Wib suasana di Musholla An-Manhal menjadi semakin mengharukan saat pembacaan Sholawat Nabi mulai  dikumandangkan sambil memberikan santunan kepada anak-anak yatim yang dilakukan langsung oleh ketua yayasan.


Linangan air mata dari segenap yang hadir tidak bisa terbendung saat bersalaman dengan anak-anak yatim sambl mengusap kepala anak-anak yatim.


( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact