Sekda Jember Blusukan, Pastikan Perintah Bupati Ditindaklanjuti Jajaran di Bawah - Kabare Jember <>

Breaking

Sekda Jember Blusukan, Pastikan Perintah Bupati Ditindaklanjuti Jajaran di Bawah

Sekda Jember Blusukan, Pastikan Perintah Bupati Ditindaklanjuti Jajaran di Bawah

 



Jember, kabarejember.com -  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember, Ir. Mirfano blusukan ke Perumahan Baratan Permai Kecamatan Patrang untuk memastikan langsung penerapan PPKM Berbasis RT/RW dan mengunjungi warga yang Isoman, Sabtu (07/08/2021).


Blusukan ini menindaklanjuti perintah Bupati Jember terkait PPKM berbasis RT/RW. Mirfano mengecek secara langsung apakah perintah Bupati tersebut dilaksanakan oleh jajaran di bawah mulai Camat, Kepala Desa atau Lurah hingga RT/RW. 


“Ini adalah perintah Bupati. Saya memastikan pejabat setempat melaksanakan perintah beliau. Camat berkoordinasi dengan para Kades dan Lurah, dan Ketua RT/RW menjadi ujung tombak kesuksesan program pencegahan sektor hulu ini,” jelas Mirfano yang didampingi Camat Patrang Moh. Rofik dan Plt. Kepala Dinkes Jember dr. Wiwik Supartiwi.


Kecepatan informasi dari tingkatan RT/RW, menjadi kunci utama keberhasilan dalam penahanan COVID 19, demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember Mirfano.


Sebab, Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RW) adalah kepanjangan tangan dari pemerintah dalam pengawasan di warga yang terkonfirmasi COVID dan sedang isolasi mandiri (Isoman).


Mirfano menambahkan, para Kades dan Lurah wajib memberikan materi tentang ciri-ciri Covid-19, bagaimana prosedur penanganannya, serta tindakan daruratnya sampai para Ketua RT/RW nya paham betul.


“Ketika Ketua RT/RW sudah paham prosedurnya maka kecepatan penanganan akan terlaksana dengan baik,” lanjutnya.


Dalam kunjungan tersebut, Mirfano menyapa para warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, memberikan sembako dan vitamin, serta menginformasikan bahwa pihak Pemkab Jember menyiagakan tenaga kesehatan yang siap kapan saja diperlukan. 


Para petugas juga melakukan swab kepada warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19 sebagai langkah antisipasi penyebaran covid.


Kepada madia, Mirfano juga menjelaskan bahwa angka kematian di Kabupaten Jember memang mulai menurun, tetapi di lapangan ternyata warga yang meninggal dunia saat Isoman masih tinggi.


Oleh karena itu, fungsi dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan hingga RT/RW menjadi kunci keberhasilan dalam mengatasi Pandemi saat ini.


“Kematian warga Isoman menjadi perhatian kita semua. Artinya kita harus memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat agar masih belum sadar atas pandemi ini,” bebernya. (heri)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact