Pengesahan RPJMD Jember 2021-2027, Gambaran Keharmonisan Eksekutif - Legislatif - Kabare Jember <>

Breaking

Pengesahan RPJMD Jember 2021-2027, Gambaran Keharmonisan Eksekutif - Legislatif

Pengesahan RPJMD Jember 2021-2027, Gambaran Keharmonisan Eksekutif - Legislatif

 


Jember, kabarejember.com --Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember 2021-2026 sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember, Jumat (13/08/2021).


Pengesahan RPJMD sebagai penerjemahan visi-misi Bupati Jember Hendy Siswanto tersebut di lakukan Ruang Rapat Paripurna DPRD, ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Rencana Awal RPJMD Jember 2021-2026.


Usai menandatangani RPJMD, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, "Ini adalah, sebuah keharmonisan dan kolaborasi sesuai dengan posisinya masing-masing antara eksekutif dan legislatif."


Dalam kesempatan tersebut, Panitia khusus DPRD Jember memberikan beberapa masukan saran perbaikan terhadap Ranwal (Rencana Awal) RPJMD dengan memasukkan data eksisting, secara detail dengan persentase capaian tersebut sebagai dasar untuk mengidentifikasi permasalahan, strategi dan sasaran program yang akan dijalankan.


Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jember, Agus Sofyan mengatakan bahwa terdapat beberapa isu strategis hasil koreksi yang perlu dimasukan dalam RPJMD, mulai dari anggaran untuk pendidikan, beasiswa untuk warga miskin,  gaji, guru honorer dan anggaran pondok pesantren.


"Selain itu, anggaran untuk sektor pertanian mulai hulu hingga hilir, lalu infrastuktur yang ramah bagi Difabel, juga anggaran pariwisata, ekonomi kreatif, produk unggulan daerah, dan anggaran pelayanan publik," ujar Agus.


Menanggapi hal tersebut Bupati menerangkan, "RPJMD kali ini memang masih ada yang telah dikoreksi oleh DPRD, semua masukan-masukan yang telah di katakan di paripurna tersebut, akan jadi pembenahan, karena koreksi itu untuk kemajuan Kabupaten Jember."


Wakil ketua DPRD Jember Dedi Tri Setiawan menjelaskan, rapat paripurna tersebut di ikuti 25 anggota DPRD secara daring dan 9 orang  mengikuti secara tatap muka terbatas.


“Jadi jumlah keseluruhan anggota yang mengikuti Rapat Paripurna pengesahan RPJMD sebanyak 34 orang dari jumlah semua anggota DPRD Jember yakni 50 orang,” katanya.


Seluruh anggota dewan yang hadir secara luring maupun berani menyetujui rancangan awal RPJMD Kabupaten Jember 2021-2026 untuk disahkan. 


RPJMD merupakan penjabaran visi, misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD Kabupaten dan memperhatikan RPJMD provinsi serta RPJM nasional.

(her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact