Pemkab Jember Sertifikasi 3 Tanah Pesisir Pantai Selatan Demi Kemaslahatan Masyarakat - Kabare Jember <>

Breaking

Pemkab Jember Sertifikasi 3 Tanah Pesisir Pantai Selatan Demi Kemaslahatan Masyarakat

Pemkab Jember Sertifikasi 3 Tanah Pesisir Pantai Selatan Demi Kemaslahatan Masyarakat


 

Jember, kabarejember.com -- Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan, Pemkab Jember akan menguasai dan mengelola pesisir pantai di Kabupaten Jember secara terencana dan terkonsep untuk kemaslahatan nelayan dan masyarakat sekitar pesisir pantai.


Pernyataan ini disampaikan Bupati Jember dalam acara Pencanangan Kegiatan Sertifikasi Tanah Pesisir Pantai  Pantai Getem desa Mayangan Cemara Mangrove (MaCeMa), Senin (23/08/2021).


"Ada 3 lokasi pantai  yang kita lakukan sertifikasi yaitu di desa Mojomulyo Kecamatan Puger luasnya 8 hektar dan 5,6 hektar, satunya di  di desa Mayangan kecamatan Gumukmas luasnya 9,8 hektar, status hukumnya Goverment Ground atau tanah negara,


Saat ini akan melakukan sertifikasi yang akan dikuasai oleh Pemkab Jember, dan penggunaannya nanti tentu untuk kemaslahatan masyarakat nelayan pantai," ungkap Bupati Jember kepada media.


Lebih lanjut, Bupati Hendy didampingi Wakil Bupati Gus Firjaun dan Forkopimda Jember mengatakan, pengelolaan pantai  nantinya akan disesuaikan dengan Master Plant Pemkab Jember, desainnya apakah untuk tempat wisata atau bukan.


"Kita akan berdayakan dan manfaatkan SDM kita yang hebat dan kuat, banyak di Jember ini dari para nelayan, akan kami pekerjakan di sini biar mereka yang mendapatkan manfaatnya," ujar Bupati.


Dalam kegiatan tersebut Bupati Jember secara langsung meninjau lokasi pantai di desa Mojomulyo yang akan di-sertifikasi, mulai dari perbatasan desa Mojosari - Mojomulyo sampai ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Getem.


Selain rombongan Bupati dan Forkopimda Jember, hadir juga dalam acara tersebut Muspika Puger, beberapa Camat, Satpolairud Polres Jember, Kamla Puger dan kepala desa dari kecamatan Puger dan Gumukmas.


Selepas menikmati makan siang bersama, rombongan menyeberang ke pulau Macema dengan menggunakan beberapa perahu nelayan setempat.


Dalam kegiatan di Pantai Macema, Bupati Hendy Siswanto menyantuni anak-anak yatim piatu, dan memasang patok tanda sertifikasi. Selain itu Bupati dab Wabup juga berkomunikasi langsung dengan komunitas nelayan untuk menyerap aspirasi, yang nantinya sebagai masukan untuk pengelolaan pantai yang baik dan bermanfaat bagi nelayan dan masyarakat sekitar pantai. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact