Pemkab Jember Ajukan HPL dan Akan Tertibkan Sempadan Pantai Bandealit --. Paseban - Kabare Jember <>

Breaking

Pemkab Jember Ajukan HPL dan Akan Tertibkan Sempadan Pantai Bandealit --. Paseban

Pemkab Jember Ajukan HPL dan Akan Tertibkan Sempadan Pantai Bandealit --. Paseban



Jember, kabarejember.com -- Pemkab Jember dalam waktu dekat  akan mengajukan Hak Penggunaan Lahan (HPL) di sepanjang pantai selatan, mulai dari Bandealit sampai Paseban untuk memanfaatkan potensi lautnya sebagai upaya  mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Jember.


"Pemkab Jember bersama BPN Jember akan mengajukan hak penggunaan lahan (HPL) mulai dari ujung timur Bandealit sampai ujung Barat Paseban, seluruhnya yang statusnya masih aman akan kita HPL kan," ungkap Bupati Jember kepada media usai acara Pencanangan Sertifikasi Tanah Pesisir Pantai Getem dan Macema, (23/08/2021).


Bupati Hendy mengungkapkan, jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Jember 30 persen berada di pinggir  pantai Selatan yang harus dilindungi dari kemiskinan.


"Kita akan kelola tanah-tanah itu, kita ambil hasil lautnya atau apapun bentuknya, yang jelas  mereka dapat maksimal memanfaatkan laut untuk mengentaskan  kemiskinan," ujar Bupati Hendy.


Terkait penggunaan sempadan pantai yang sudah dipergunakan oleh beberapa pihak atau perusahaan, Bupati berjanji akan memanggil pemiliknya.


"Siapapun pemiliknya,  akan kami panggil semua, untuk apa ini ?  Sepanjang mereka memiliki dan sesuai aturan monggo silahkan diteruskan. Tetapi kalau tidak,  saya akan tawarkan  mari bekerja sama dengan Pemkab," kata Bupati.


Bupati Hendy menegaskan tidak akan mengusir siapapun, dan mengajak  bekerjasama apabila bersedia.  


"Kalau tidak mau bekerjasama, kami akan ambil posisi, apakah ini harus kita ambil alih atau hal yang lain. Siapapun mereka akan kami ajak bekerja sama dengan Pemkab, dan Pemkab perlu  mengambil manfaat dari laut untuk masyarakat." Pungkas Bupati Jember. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact