Bupati Jember Perintahkan Untuk Sukseskan Visi Misi ke-Enam - Kabare Jember <>

Breaking

Bupati Jember Perintahkan Untuk Sukseskan Visi Misi ke-Enam

Bupati Jember Perintahkan Untuk Sukseskan Visi Misi ke-Enam



Jember, kabarejember.com -- 

Bupati Jember, Hendy Siswanto memerintahkan kepada OPD, Kades, dan relawan bencana untuk mensukseskan pelaksanaan Visi Misi Bupati poin ke-enam.


Perintah ini disampaikan Bupati Hendy dalam pidatonya saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana di alun-alun Puger, Kamis (26/08/2021).


"Penanggulangan bencana masuk dalam Visi Misi Bupati yang ke 6 yaitu  meningkatkan kualitas dan ketersediaan infrastruktur publik yang merata di semua wilayah Jember dengan strategi meningkatkan pelayanan informasi kebencanaan, sosialisasi pencegahan, dan kesiapsiagaan bencana. Juga meningkatkan menambah jumlah desa tangguh bencana, dalam membantu proses evakuasi pada saat darurat bencana." ujar Hendy dalam pidatonya.


Dalam pidatonya, Bupati memerintahkan kepada OPD terkait, camat, kades, relawan, masyarakat, dan semua pemangku kepentingan kebencanaan untuk meningkatkan kapasitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana.


Kedua, mengantisipasi menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami sesuai analisa BMKG, maka diminta menyiapkan "tas" siaga dan melatih diri dan masyarakat dengan melakukan simulasi.


Ketiga, pelaksanaan pembentukan dan pengembangan Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk membangun kemandirian masyarakat dalam penanggulangan bencana.


Keempat, memperkuat kelembagaan penanggulangan bencana menyiapkan dan melatih personil yang handal serta mengalokasikan dan meningkatkan dukungan anggaran yang memadai bagi penyelenggaraan penanggulangan bencana.


Kelima, meningkatkan kualitas data, informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pusat pengendalian operasi (pusdalops) dan peralatan tekhnologi, informasi dan komunikasi.


Keenam,  melaksanakan pembangunan pasca bencana lebih baik dan lebih aman dengan memperhatikan kaidah-kaidah pengurangan resiko bencana dan pembangunan yang aman dari bahaya bencana.


Ketujuh, menggunakan dan manfaatkan anggaran penanggulangan bencana secara optimal. "Jangan takut tidak sesuai dengan aturan, dengan kata lain pelajari, pahami, dan komunikasikan peraturan perundang-undangan dalam pelaksanaan penanggulangan bencana." Jelas Bupati.


Kedelapan, berikan  kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan  penanggulangan bencana.


Kesembilan, untuk kades, relawan dan masyarakat wilayah pesisir wilayah selatan yang saya lihat bersemangat  dalam bergotong royong dalam menghadapi semua cobaan, dan upaya dengan mengedepankan solidaritas sosial. "Sekali lagi saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih,"


"Harapan saya, nilai-nilai mulia ini telah  dipertahankan dan tetap dipertahankan dan ditingkatkan sebagai modal memajukan jember tercinta,


"Salam tangguh dan salam kemanusiaan."

(her)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact