PMI Jember Siap Pasok Plasma Konvalesen Hasil Alat Baru - Kabare Jember <>

Breaking

PMI Jember Siap Pasok Plasma Konvalesen Hasil Alat Baru

PMI Jember Siap Pasok Plasma Konvalesen Hasil Alat Baru

 



Jember, kabarejember.com -- Melonjaknya jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Jember dan sekitarnya membuat PMI Kabupaten Jember bergerak cepat. Salah satunya dengan membeli alat baru  untuk memproduksi plasma konvalesen. Pasalnya, sejak Covid-19 melonjak permintaan plasma konvalesen juga melonjak.  


Kini dengan adanya alat baru, PMI kabupaten Jember sudah mampu secara mandiri memproduksi plasma konvalesen di Unit Donor Darah (UDD) PMI di Jl Srikoyo Patrang. 


Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menyatakan, “Alat afaresis baru sudah datang, sumber daya manusia yang mengoperasikan sudah siap. Produksi plasma konvalesen sudah bisa dimulai."


PMI bersama RSD dr Soebandi Jember tahun lalu menjalin kerjasama untuk memproduksi plasma konvalesen. Setelah jumlah pasien Covid-19 menurun beberapa waktu lalu, produksi plasma konvalesen juga berhenti, seiring tidak ada permintaan plasma konvalesen lagi. Namun, setelah pasien Covid-19 melonjak lagi, produksi plasma konvalesen atas kerjasama dengan RSD dr Soebandi belum bisa diaktifkan kembali. 


Melihat kondisi itu, PMI Kabupaten Jember berinisiatif membeli alat afaresis sendiri untuk memproduksi plasma konvalesen. ”Sudah kita uji coba dengan alat dan sumber daya PMI sendiri, alhamdulillah berjalan baik. Kini UDD PMI Jember sudah siap melakukan donor plasma konvalesen bagi penyitas Covid-19,” ujarnya. 


Dia menjelaskan saat ini jumlah warga Jember yang terpapar Covid-19 makin banyak, sehingga kebutuhan plasma konvalesen juga banyak. 


"Banyak beredar di media sosial pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen. Banyak  juga yang menghubungi saya atau pengurus, pegawai dan relawan PMI dihubungi keluarga pasien yang membutuhkan plasma konvalesen,” imbuhnya. 


EA Zaenal Marzuki mengingatkan masyarakat agar lebih waspada kepada Covid-19. Apalagi, Covid-19 varian baru diperkirakan sudah menyebar di Jember dan sekitarnya. 


“Harus tetap patuhi protokol  kesehatan untuk memakai masker, kalau bisa maskernya dobel saat di luar rumah, jaga jarak, selalu cuci tangan, jauhi kerumunan, di rumah saja,” ujarnya. 


Selain itu, tim relawan PMI kini juga aktif keliling melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai wilayah di Kabupaten Jember. “Relawan yang di lapangan juga melakukan sosoalisasi pencegahan Covid-19,” ujarnya. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact