Targetkan Kabupaten Sadar Hukum, Pemkab Jember Siap Fasilitasi Program Posbankum Online - Kabare Jember <>

Breaking

Targetkan Kabupaten Sadar Hukum, Pemkab Jember Siap Fasilitasi Program Posbankum Online

Targetkan Kabupaten Sadar Hukum, Pemkab Jember Siap Fasilitasi  Program Posbankum Online

 


Jember, kabarejember.com --Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut positif dengan tangan terbuka peluncuran inovasi baru kerjasama Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember dengan Pengadilan Negeri (PN) Jember.   yakni Pos Bantuan Hukum (Posbankum) Online dan Tilik Desa.


Posbankum Online merupakan sarana Layanan administrasi hukum bagi warga Jember yang membutuhkan layanan bantuan hukum tanpa harus datang langsung ke kantor Pengadilan Negeri Jember.


"Keberadaan dua fasilitas baru ini makin memantapkan langkah Jember menuju Kabupaten Sadar Hukum," kata Bupati Jember dalam sambutannya saat mengikuti secara luring acara peluncuran Posbankum Online di gedung serbaguna FH Universitas Jember, Rabu (23/06/2021).


Peluncuran Posbankum online FH Universitas Jember-PN Jember dilakukan secara daring oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur, Herry Swantoro dari Surabaya, dan diikuti secara luring oleh Rektor UNEJ, Dekan FH Universitas Jember, Ketua PN Jember, Bupati dan Wakil Bupati Jember, Ketua DPRD Jember, Kepala Kejaksaan Negeri Jember, serta perwakilan Polres dan Kodim Jember di gedung serbaguna FH Universitas Jember.


Dalam sambutannya, Bupati Jember juga berjanji akan memberikan bantuan perangkat keras di tiap kecamatan dan desa untuk mendukung fasilitas Posbankum Online dan Tilik Desa, dengan harapan semakin banyak warga Jember dari kalangan kurang mampu yang tengah mengalami masalah hukum bisa mendapatkan bantuan hukum.


Selain itu, Bupati meminta agar Fakultas Hukum Unej mengerahkan mahasiswanya untuk mensosialisasikan keberadaan Posbankum Online dan Tilik Desa, semisal melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata.


"Mahasiswa harus memberi pengetahuan tentang hukum, karena masih banyak warga kita yang terjerat kasus hukum disebabkan minimnya pengetahuan dan akses hukum. Wis wayahe masyarakat Jember memperoleh bantuan hukum dan target Jember menjadi Kabupaten sadar hukum dapat terwujud," kata Hendy.


Sementara Dekan FH Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono menjelaskan, dengan adanya layanan bantuan hukum secara online yang digagas oleh pihaknya bekerjasama dengan PN Jember mendapatkan sambutan positif dari warga Jember terbukti dengan meningkatnya 

warga Jember yang memanfaatkan layanan bantuan hukum FH Universitas Jember, dan diperkirakan akan terus meningkat di masa pandemi seperti ini.


"Adanya Posbankum Online juga turut mewujudkan prinsip setiap orang memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Masyarakat yang membutuhkan layanan bantuan hukum secara online bisa mengaksesnya melalui laman fh.unej.ac.id dan laman tilikdesa.pn-jember.go.id ," jelas Bayu.


Menurut Ketua PN Jember, Marolop Simamora, keberadaan fasilitas Tilik Desa didasarkan karena luasnya wilayah Jember dan besarnya jumlah penduduknya. Pada fasilitas Tilik Desa ini PN Jember menggandeng Pemkab Jember dengan cara memberikan pelatihan bagi aparat kecamatan dan desa mengenai bagaimana memanfaatkan fasilitas Tilik Desa. 


Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Timur  Jember, Herry Swantoro mengatakan adanya Posbankum Online dan Tilik Desa meningkatkan kualitas layanan serta transparansi PN Jember, bahkan dapat memberantas makelar kasus dan pungli karena syarat dan prosesnya yang dapat diketahui umum.


Hal senada juga disampaikan Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna. Menurutnya, keberadaan Posbankum Online dan Tilik Desa perlu didukung sosialisasi yang masif dan literasi digital agar semua warga mengetahui dan dapat mengakses layanannya. (her)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact