PSHT Ranting Wuluhan Jember Perbaiki Dan PengecatanTugu Pancasila - Kabare Jember <>

Breaking

PSHT Ranting Wuluhan Jember Perbaiki Dan PengecatanTugu Pancasila

PSHT Ranting Wuluhan Jember Perbaiki Dan PengecatanTugu Pancasila

 


JEMBER, kabarejember.com - Memperingati hari lahir Pancasila, puluhan pendekar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Wuluhan, Cabang Jember, Pusat Madiun lakukan giat pengecatan dan memperbaiki tugu Pancasila di sejumlah titik di daerah sekitar kecamatan Wuluhan.


Menurut Ketua Ranting Wuluhan, Muhaimin mengatakan hal itu dilakukan sebagai salah satu cara menumbuhkan jiwa patriotisme seorang pendekar.


"Tujuan kegiatan ini, dalam rangka menumbuhkan jiwa patriotisme pendekar untuk menghargai para pejuang. Karena untuk mendapatkan kemerdekaan Indoneaia tidaklah mudah," ungkap Muhaimin, disela- sela kegiatan, Selasa (01/06/2021).


Menurutnya, generasi bangsa bisa mengisi kemerdekaan, salah satunya yaitu menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan siap membela keutuhan NKRI dalam pelaksanaannya.


"PSHT adalah bela diri asli lahir dan diciptakan bangsa Indonesia. Jangan sampai, kebanggaan ini diambil bangsa luar," harapnya.


Pria yang getol melestarikan budaya bela diri ini yakin, isu negatif yang belakangan ini menerpa PSHT adalah ujian dan bagian dari sebuah perjuangan.


"Karena ajaran PSHT sendiri tidak seperti yang mereka tafsirkan. Kita ada dan siap untuk Indonesia ketika kita dibutuhkan," tegasnya.


Ditanya sejauh mana langkah PSHT melawan isu negatif yang berujung wacana perobohan tugu dan pembekuan terhadap perguruan silat, dirinya memilih tetap berpikir positif.


"Persoalan perselisihan antar pesilat di Kabupaten Jember, tidak perlu terkesan dibesar-besarkan, apalagi ada wacana pembekuan. Apakah tidak ada solusi lain, misalkan deklarasi damai," paparnya.


Lebih jauh Muhaimin menegaskan, hadirnya Pencak Silat di bumi nusantara, justru menjadi simbol kebanggaan dan patut dilestarikan.


"Jangan sampai pemimpin kita lebih bangga budaya luar dari pada budayanya sendiri. Kalau ini sampai terjadi, ini bahaya. Biarkan publik menilai, karena pendiri PSHT ini adalah pahlawan perjuangan," pungkasnya .


Beberapa tahun silam, Ketua Umum periode sebelumnya almarhum Kang Mas Tarmadji menegaskan, bahwa pendekar PSHT itu siap menjadi garda terdepan jika ada yang mengusik Pancasila .


"Kita sudah berikrar, sejak tahun 1974. Siapa saja yang menggoyang pancasila dan UUD 1945. Pendekar PSHT siap digaris depan," tegasnya. (muk/her) 



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact