PKL Kencong Jember Tolak Relokasi - Kabare Jember <>

Breaking

PKL Kencong Jember Tolak Relokasi

PKL Kencong Jember Tolak Relokasi

 


Jember, kabarejember.com -- Rencana relokasi atau pemindahan tempat oleh Muspika Kencong bagi PKL (pedagang kaki lima) yang berjualan di bahu jalan raya Kencong - Jember, tepatnya sepanjang Toko Ijo sampai Mapolsek Kencong, ditolak para pedagang.


Alasan penolakan para PKL karena tempat yang dijadikan usaha berjualan saat ini  memiliki nilai strategis untuk berjualan dan menguntungkan para pedagang.


"Kami sudah mencoba keliling di berbagai tempat, namun hasil yang kami dapatkan tidak sebagus ketika kami berjualan disini," kata seorang pedagang, Bambang di hadapan Muspika Kencong dalam acara dengar pendapat antara PKL dengan Muspika Kencong, Senin (21/06/2021).


Kapolsek Kencong AKP Adri Santoso  dalam sambutannya memberikan penjelasan kepada para PKL, bahwa penertiban yang dilakukan oleh Muspika demi kebaikan bersama yakni kelancaran arus lalu lintas dan  antisipasi kemungkinan  terjadinya kecelakaan.


"Adanya pedagang yang berjualan di bahu jalan, kondisi jalan sering macet, dan hal tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan. Untuk itulah makanya kami himbau kepada rekan rekan pedagang untuk bisa mau ditertibkan dan berjualan di tempat yang tidak mengganggu lalu lintas," katanya.


Plt Camat Kencong Boby Arisandy, ketika dikonfirmasi media menjelaskan bahwa penertiban dan  relokasi yang dilakukan oleh Muspika Kencong bertujuan antisipasi kemacetan dan  terjadinya kecelakaan.


"Kami himbau pada rekan pedagang untuk tidak berjualan di bahu jalan, karena rawan resiko, baik untuk para pedagang maupun pembelinya," ujar Boby.


Lebih lanjut, Boby mengatakan memberi waktu satu bulan kepada para PKL untuk membentuk paguyuban, dan menyewa lahan milik PG Semboro untuk dijadikan tempat berjualan.


Boby mengatakan, pihak Muspika akan membantu menjembatani urusan sewa lahan ke PG Semboro jika memang para pedagang telah memiliki paguyuban.


Data sementara, 34 pedagang PKL yang berjualan di pinggir Jalan Raya Kencong, tercatat 14 warga Kecamatan Kencong, sedang sisanya adalah warga sekitar wilayah Kencong. (her) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact