Desa Jambearum Pertama Se-Kecamatan Puger Tuntaskan SDGs Desa - Kabare Jember <>

Breaking

Desa Jambearum Pertama Se-Kecamatan Puger Tuntaskan SDGs Desa

Desa Jambearum  Pertama Se-Kecamatan Puger Tuntaskan SDGs Desa

 



Jember, kabarejember.com -- Pemdes Jambearum Kecamatan Puger bisa bernafas lega karena sudah merampungkan  pendataan SDGs Desa dan sudah upload di aplikasi.


Dengan rampungnya pendataan SDGs Desa,  Pemdes Jambearum menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Insidental penetapan pendataan SDGs desa Jambearum tahun 2021, Jumat (25/06/2021).


Dalam acara yang digelar di pendopo kantor desa Jambearum, hadir kepala desa, BPD,  perangkat desa, pendamping desa, ketua RW dan Pokja relawan SDGs desa Jambearum dengan menerapkan prokes ketat.


"Desa Jambearum menjadi satu-satunya desa di Kecamatan Puger yang sudah menyelesaikan SDGs desa, baik kuisioner maupun yg upload di aplikasi. Jambearum tadi malam (Jumat, 25-06-2021) sudah melakukan Musyawarah Desa Insidental penetapan hasil pendataan SDGs," kata Pendamping Desa Benny E Rahmatullah memalui selular kepada kabarejember.com.


Benny menjelaskan , awalnya upload data terkendala oleh server yang sering bermasalah, karena dikeroyok desa se Indonesia.


"Alhamdulillah Musdes berjalan lancar,  meskipun awalnya server menjadi kendala, Server menghambat teman-teman pendata atau nomerator untuk meng-upload data, akhirnya kita pake metode kuisioner manual antispasi server yang sering

bermasalah," ungkapnya.


Lebih lanjut Benny menerangkan, data apapun mengenai desa sudah terekam di hasil pendataan itu, mulai jumlah lembaga pendidikan, sarana prasarana, kesehatan  usia berapa, lulusan / jenjang pendidikan dan lain-lain.


"Datanya insya Allah sangat valid karena yang mengerjakan pihak desa sendiri, kita sudah wanti-wanti bener kevalidan data harus bisa dipertangungjawabkan," pungkas Benny.


Sementara Kepala Desa Jambearum Imro'ati mengucapkan rasa syukurnya karena Pemdes Jambearum sudah menyelesaikan SDGs desa dan sudah berhasil meng-upload ke aplikasi.


"Terima kasih kepada para relawan pendataan dan semua pihak yang terlibat dalam menyelesaikan pendataan SDGs Desa Jambearum. Hasil Musdes akan dipakai sumber data penyusunan perencanaan pembangunan Desa Jambearum ke depan dan tahun-tahun selanjutnya." Ujar Imro'ati.


SDGs atau Sustainable Development Goals Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa. (her) 



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact