Polsek Puger Berhasil Ungkap Pelaku Pengrusakan Tugu IKSPI - Kabare Jember <>

Breaking

Polsek Puger Berhasil Ungkap Pelaku Pengrusakan Tugu IKSPI

Polsek Puger Berhasil Ungkap Pelaku Pengrusakan Tugu IKSPI

 


JEMBER, kabarejember.com -- Tidak membutuhkan waktu lama, Satreskrim Polres Jember berhasil mengungkap kasus dan mengamankan terduga pelaku pengrusakan tugu milik Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti yang berlokasi di pinggir jalan Dusun Lengkong desa Wonosari Kecamatan Puger.


Dalam Pers conference yang digelar pada Kamis (20/05/2021) di Mapolsek Puger,  Kapolsek Puger AKP Ribut Budiyono SH, didampingi Kasi Humas Polres Jember dan Kanit I Pidum Satreskrim Polres Jember, mengatakan jajaran Satreskrim Polres dan Polsek Puger telah mengamankan dan memproses secara hukum terduga pelaku pengrusakan tugu salah satu perguruan silat di Dusun Lengkong Desa Wonosari Kecamatan Puger Jember, yang terjadi pada Sabtu (15/05/2021).


“Kami telah berhasil mengamankan 4 orang pelaku dan sudah ditetapkan sebagai tersangka, dan menetapkan 12 tersangka dengan status Daftar Pencarian Orang (DPO),


Para tersangka melakukan pengrusakan dengan motif, secara sengaja dan direncanakan melakukan aksi secara bersama-sama," kata AKP Ribut.


Empat terduga pelaku ber inisial MU, AF, FA dan ADP.  Ketiga tersangka adalah warga Desa Wonosari Kecamatan Puger, kecuali MU, adalah anggota salah satu perguruan silat.


Lebih lanjut AKP Ribut Budiyono menjelaskan kronologi kejadian pengrusakan tersebut, Pada hari Selasa (11-05-2021) tersangka MU mengajak FA dan ADP berkumpul di rumah salah satu saksi untuk merencanakan aksi, tetapi gagal.


Selanjutnya pada Sabtu (15-05-2021) sekitar jam 01:30 wib para pelaku kembali berkumpul di lapangan merencanakan aksinya. Para tersangka sempat beberapa jam menunggu saat yang tepat untuk melakukan eksekusi.


Sebelum mereka  melakukan aksinya, karena situasi malam jelang subuh mereka memakai atribut tali rafia warna kuning agar mudah dikenali satu sama lain, dan pada saat aksi mereka berjumlah sekitar 16 orang.


Mendengar adanya laporan salah seorang warga bernama Aspari, bahwa ada kejadian pengrusakan tugu IKSPI yang dilakukan oleh sekelompok orang, aparat kepolisian segera bertindak untuk mengungkap dan menangkap pelakunya. Alhasil 4 pelaku berhasil diamankan, sementara 12 orang ditetapkan sebagai DPO.


Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para tersangka dikenakan pasal 170 ayat (1),(2) KUHP sub Pasal 160 KUHP sub Pasal 169 ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara paling lama 7 tahun. (her)



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact