Pandemi Covid Turunkan Daya Beli Masyarakat Saat Prepekan - Kabare Jember <>

Breaking

Pandemi Covid Turunkan Daya Beli Masyarakat Saat Prepekan

 Pandemi Covid Turunkan Daya Beli Masyarakat Saat Prepekan



Jember, Kabarejember.com -- Satu hari menjelang lebaran,  dalam budaya Jawa biasa dikenal dengan istilah "maleman/prepekan", yaitu kebiasaan belanja yang dilakukan masyarakat satu hari menjelang lebaran.


Tradisi Prepekan juga bisa kita saksikan di kota Jember, seperti di pusat perbelanjaan Roxy, pertokoan dan Pasar Tanjung, Rabu (12/05/2021).


Ratusan warga yang hendak berbelanja terlihat lalu lalang dan keluar masuk toko, seperti toko busana muslim,  toko elektronik, dan toko emas, atau di Pasar Tanjung untuk keperluan belanja barang kebutuhan lebaran.


Kondisi ini menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang untuk meraup duit dan untung sebesar-besarnya dari membludaknya warga yang datang berbelanja. Berbagai upaya dilakukan pedagang untuk menarik pembeli, mereka pun menawarkan diskon besar-besaran dengan label cuci gudang.


Salah seorang pedagang pakaian dan baju muslim di pertokoan pasar Tanjung, Halimah mengatakan penjualannya meningkat sampai dengan 20 persen dibanding hari biasa.


"Prepekan atau kebiasaan belanja satu hari sebelum menjelang Idul Fitri membawa berkah tersendiri bagi kami para pedagang," ujarnya.


Lebih lanjut Halimah mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini penjualan drastis menurun, dibanding sebelum pandemi Covid-19.


"Dampak Covid benar-benar terasa, dulu saat 'prepekan' penjualan baju muslim dan bisa terjual hingga 50 lusin sekarang cuma 20 lusinan." Kata Halimah.


Hal senada juga diungkapkan oleh Pardi, seorang pedagang palawija di Pasar Tanjung. Penjualan sayur dan cabe tidak seperti pada saat sebelum pandemi Covid-19.


"Selain dampak pandemi Covid, harga cabe juga cukup mahal, jadi daya beli masyarakat menurun." Pungkasnya. (her)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact