Paduan Suara Faperta UNEJ Raih Gold Medal - Kabare Jember <>

Breaking

Paduan Suara Faperta UNEJ Raih Gold Medal

 Paduan Suara Faperta UNEJ Raih Gold Medal



Jember, kabarejember.com  ------. 

Kelompok paduan suara mahasiswa Chorus Rusticarum Fakultas Pertanian Universitas Jember, berhasil meraih Gold Medal dalam event internasional “3rd BCS World Virtual Choir Festival 2021” yang diselenggarakan oleh Bandung Choral Society pada tanggal 30 April hingga 7 Mei 2021 lalu. 

Kompetisi bergengsi ini dilaksanakan secara online dan diikuti oleh 98 kelompok paduan suara yang berasal dari 18 negara. Chorus Rusticarum menjadi satu-satunya kelompok paduan suara dari Indonesia yang tampil sempurna untuk kategori Mixed Choir dengan perolehan poin sebesar 84,75.  

“Alhamdulillah kami berhasil mempersembahkan sebuah Virtual Choir yang berjudul DESH dengan arransemen Ethan Sperry. Konsep Virtual Choir yang ditampilkan bernuansa India lengkap dengan kostum, aksesoris, dan koreografi masing – masing singer,” ujar Fariza Amalia sekretaris Chorus Rusticarum saat diwawancara Humas Universitas Jember.

Menurut Fariza, tidak mudah menyajikan lagu India dalam versi video paduan suara yang artistik. Selain harus menyesuaikan dengan logat India mereka juga harus menyesuaikan koreografinya. Proses pengambilan video pun menurut Fariza cukup melelahkan.

“Ada 25 singer yang harus diambil videonya satu-persatu. Agar sesuai protokol kesehatan pengambilan video kami bagi menjadi 3 kali. Pagi, siang, sore disesuaikan dengan jadwal kuliah masing-masing singer. Sehingga lama selesainya, sampai satu bulan,” ujar Fariza.

Untuk itu menurut Fariza, tim Chorus Rusticarum sudah mempersiapkannya sejak bulan Januari hingga pertengahan bulan April dengan runtutan kegiatan seperti seleksi singer, persiapan latihan, pelaksanaan latihan rutin, take audio, take video, hingga pengumpulan final video. 

“Tentunya dalam waktu kurang lebih 3 bulan tersebut terdapat proses yang cukup berat untuk dilalui karena keadaan yang masih pandemi dan ditengah kesibukan kuliah yang cukup padat. Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk tim berputus asa dan menyerah melainkan semakin semangat untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang lain, Rokhani pembina Chorus Rusticarum memberikan apresiasinya kepada tim binaannya. Menurutnya, perolehan Gold Medal ini menunjukan kualitas para anggota Chorus Rusticarum yang baik.

“Alhamdulillah bersyukur sekali atas perolehan Gold Medal ini. Mudah-mudahan mereka tetap semangat dan tidak mudah putus asa dalam meraih sebuah impian. Jangan lupa pertahankan dan tingkatkan prestasi yang membanggakan lembaga tercinta yaitu Fakultas Pertanian Universitas Jember,” ujar Rokhani.

Selain itu, dukungan dan apresiasi juga diberikan oleh Prof. Soetriono Dekan Fakultas Pertanian. Dirinya berharap ke dapan tim Chorus Rusticarum dapat memberikan prestasi yang lebih baik untuk kompetisi internasional lainnya.

 “Selamat atas prestasi yang telah diraih, semoga CR dapat mempertahankan prestasi yang membanggakan di kompetisi tingkat Internasional untuk tahun-tahun berikutnya,” ujar Soetriono. [to2/moen/hms]

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact