Wisuda Santri TPQ AL- IKHLAS Karangasem Timur - Kabare Jember

Breaking

Wisuda Santri TPQ AL- IKHLAS Karangasem Timur

Wisuda Santri  TPQ AL- IKHLAS Karangasem Timur

 



Jember,kabarejember.com ----- Taman Pendidikan Al-Qur'an ( TPQ ) Al - Ikhlas yang berlokasi di Ds.Karangasem Timur Desa Glagahwero Kecamatan Panti Jember gelar prosesi Wisudawan - Wisudawati , Rabu ( 31 Maret 2021 ) .


Acara prosesi wisuda Akbar  yang diikuti oleh 19 Santri yang sudah berhasil menyelesaikan program membaca Al - Qur'an dengen menggunakan metode Dirosati.


persyaratan lulus para santri di TPQ yang berada di bawah pimpinan Ketua Pengurus Pusat di Jember Ahmad Lutfi Hidayatullah,SHI, selain harus sudah menyelesaikan membaca Al - Qur'an dengan tertil dan  benar, mereka juga harus mengikuti praktek Sholat, praktek Berwudhu', Tahlil, Qhorib Muskilat, Tajwij , do'a sehari hari, surat -surat pendek, dan Tahzinol Hot.


Hujan yang deras sejak pagi hari, akhirnya reda sekira  jam  08.10 Wib, hujan mulai reda  bersamaan dengan akan dimulainya acara.


Acara prosesi Wisudawan - Wisudawati  yang dipandu oleh Pembawa acara Muhammad Rosid ini dihadiri oleh  : ketua pengurus pusat Pangajaran Al - Qur'an Metode Dirosati H.Ahmad Lutfi Hidayatullah, SHI, Sekretaris pengurus pusat  Suprayitno, SPd, MPDI, Ketua Pengurus  Kecamatan Panti Ust. Mulyadi, Sekretaris pengurus kecamatan Panti Ust.Idris, dan para guru dari 17 TPQ se kecamatan Panti Jember.


Turut hadir dalam acara itu adalah semua wali satri yang di Wisuda, para tokoh terkemuka di wilayah Desa Glagahwero kecamatan Panti Jember.


Tidak hanya itu yang menghadiri acara prosesi wisuda di TPQ Al - Ikhlas, mantan Kades Glagahwero Kecamatan Panti Bapak Suryo yang selama ini menjadi dambaan Masyarakat Desa Glagahwero Panti  juga hadir di tengah-tengah para santri dan  warga untuk menyaksikan jalannya acara tersebut.


Dalam acara itu, sebelum sambuatan - sambutan terlebih dahulu acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan pelaksanaan Wisudawan Wisudawati oleh Sekretaris Pengurus Pusat Ustad Suprayitno, SPd, MPDI Nomor : PP.dir/053 / 11 / 2021 tentang Khatmil Qur'an/Wisuda Santri.


Awal sambutan setelah dilakukan oleh Ketua Panitia, dilanjutkan acara  sambutan oleh Ketua Pengurus TPQ Kecamatan Panti Ust.Mulyadi selain memberi ucapan selamat kepada para satri yang akan di wisuda, Ia dengan nada keras dan lantang memaparkan selayang pandang tentang tentang keberadaan dan nasib para dewan guru di lingkungan TPQ Dirosati.


" Tolong Pak Wartawan agar acara ini di beritakan, bahwa kami selaku ketua pengurus TPQ di Kecamatan Panti, selama ini tidak pernah tersentuh oleh pemerintah untuk memberi insentif/ Honor kepada para dewan guru di TPQ. Sudah sekian tahun lamanya berdiri TPQ ini, dan sudah ratusan dan bahkan  ribuan anak satri sebagai anak bangsa yang lulus dari TPQ Dirosati, namum pemerintah masih terkesan tinggal diam, tidak memikirkan pendidik anak bangsa di lingkungan TPQ. Kami Mohon kepada pihak Eksekutif maupun pihak Legeslatif  yang berada di wilayah hukum kabupaten jember, agar segera-segera, dan segera bersuara agar nasib para guru dan pengurus TPQ segera teratasi dan pendidikan TPQ semakin berkembang dan bersaing sesuai tuntutan Zaman." Papar Ustad Mulyadi


Tepat jam 10.25 Wib keadaan Cuaca  semakin semakin panas , dan acara dilanjutkan yaitu pelaksanaan Prosesi Wisudawan - Wisudawati terhadap 19 satri TPQ Al - Ikhlas yang merupakan santri dari Asyari dan Dewi Rosida.


Prosesi Wisuda ini dipimpin langsung oleh ketua  Pengurus Pusat yang didampingi oleh Sekretaris pusat, dan ketua Pengurus Kecamatan Panti .


Ketua Pimpinan Pusat Metode Dirosati usai acara widusda, sekikas memberikan sambutanmengucapkan  selamat kepada para santri yang baru diwisuda  dan  dan permohonan maafmenyampaikan permohonan maaf .


" Kami selaku pimpinan pusat metode Dirosati, menyampaikan selamat kepada para santri yang baru di wisuda,dan mohon maaf kepada samua wali santri yang hadir pada saat ini atas segala kekurangan dalam pindidikan di TPQ Dirosati " Ucap H.Ahmad Lutfi hidayatullah,SHI.

 

Usai pelaksanaan acara prosesi wisudawan - wisudawati, acara dilanjutkan dengan sujud  dan permohonan maaf oleh para santri yang sudah di wisuda kepada orang tuanya dengan diiringi puisi yang diiringi lantunan instrumen Yang sangat menggemma dan dan sedih yang  membuat suasana penuh dengan linangan air mata.


Seiring dengan berakhirnya acara prosesi wisudawan Wisudawati di TPQ Al-Ikhlas, menjelang jam 11.15 Wib Awan mulai tebel lagi  nyaris berbarengan dengan pembacaan do'a dan  pemberian hadiah oleh Bapak Suryo kepada para wisudawan - wisudawati dan para santri lain ( dirosati 1 , 2 dan 3 ).

( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact