Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara ( P4B )di Bumi Perkemahan Argopuro - Kabare Jember

Breaking

Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara ( P4B )di Bumi Perkemahan Argopuro

Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara ( P4B )di Bumi Perkemahan Argopuro

 


Jember, kabarejember,com --------  Acara Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara ( P4B ) Ambalan M. Sroedji dan RA. Kartini, Gugus Depan Jember, 015-113 / 114 Pengkalan SMA Argopuro Panti Jember.


Acara itu  berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 27 sd 28 Maret 2021 di Bumi Perkemahan ARGOPURO.



Yang hadir dalam acara itu diantaranya, Ketua YIKI Argopuro Panti Jember Agus Idham Khalid, SPd, Pembina Pramuka Agus Hamdan, Pelatih Pramuka Gugus Depan Jember, 015-113 / 114 Pengkalan SMA Argopuro Panti Jember Drs M.Qusyairi LMT. Waka Kesiswaan SMA Argopuro Panti Jember Mulyono,SH.dan para sanior Bantara.


Sebelum dilantik menjadi calon Penegak Bantara, para calon harus melewati beberapa tahapan untuk mengujikan diri sebagai syarat menjadi anggota penegak Bantar, yaitu dengan menyelesaikan Syarat - syarat  Kecakapan Umum ( SKU ) pramuka penegak, sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum ( TKU ) penegak Bantara.


SKU penegak Bantara yang terdiri dari 23 point dan mengandung 5 unsur esensial pengambangan, yaitu : Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.


Setiap generasi harus harus memaknai lebih mendalam, bahwa pramuka harus berada di depan dalam setiap kehidupan sebagai pelopor dan teladan, dan jangan malah melarikan diri dan sembunyi apabila ada masalah yang datang menghadang, sehingga apabila kehidupan sudah tidak lagi  bersahabat maka manusia akan mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.


Kehidupan bukanlah Matematika yang 

dengan pasti diketahui hasilnya secara nyata.


Acara pelantikan yang  diselenggarakan  di halaman Sekolah ini  berlangsung  menegangkan, khidmad, dan  sangat mengharukan, sehingga membuat jalannya upacara pelantikan sempat terjeda sejenak setelah M. Qusyairi usai mengucapkan salam saat upacara dimulai, M.Qusyairi dan para peserta upacara  sempat tidak dapat membendung air mata.


Ditengah keharuan itu M.Qusyairi melanjutkan acara sambutannya.

 

" Kehidupan banyak memiliki banyak misteri yang harus dihadapi, yakni berupa Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan ( ATHG ) yang dapat menenggelamkan kita dalam setiap kehidupan. Oleh karena itu marilah  adik-adik sekalian baik yang senior maupun yang sebentar lagi akan dilantik untuk senantiasa tampil semangat, selalau optimis, memiliki jiwa yang profesional dan Rasional dalam menghadapi setiap tantangan.


Acara Pelantikan yang berlangsung di tengah Pandemi Covid-19 ini dipandu oleh Ketua Ambalan SMA Argopuro Panti Jember Firman Agung Alamsyah yang didampingi oleh Resa Ayu Agustin, Penegak Bantara sebagai Pendamping kanan, dan Dina Mufida  Penegak Bantara sebagai pendamping kiri.


Calon Penegak Bantara  Ambalan Muhammad . Sroedji dan RA. Kartini, Gugus Depan Jember, 015-113 / 114 Pengkalan SMA Argopuro Panti Jember yang dilantik oleh Drs. M. Qusyairi, LMT pada hari Minggu 28 Maret 2021 sebanyak 6 calon, diantara adalah :

1. Dimas Pramujo 

    Setiawan 

    kelas Xl IPS 2

2. Dewi Ratna Sari kelas 

    X1 MIPA

3. Nur Halima kelas

    X1 MIPA

4. Nur Hanifa kelas

    X1 MIPA

5. Syatila Hilwa Shaida

    kelas X1 MIPA, dan

6. Uswatun Hasanah 

    kelas X1 MIPA.


" Semoga adik-adik Pramuka kesemuanya yang ada di Pangkalan SMA Argopuro Panti Jember dapat menjalankan amanah yang diemban sebagai pelopor pramuka  yang mempunyai loyalitas, royalitas, kreatifitas, dan dedikasi yang tinggi yang selalau berada dibaris paling terdepan dalam semua kehidupan." Pungkas M.Qusyairi, LMT  Pembina Gugus Depan, juga beliau adalah Pelatih Pembina Pramuka di LEMCACIKA ARGAPURA Kwarcab. Jember.

( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact