Ketua MGMP Geografi Jember Sosialisasikan Program Kerja Tahun Pelajaran 2021 - 2022 - Kabare Jember <>

Breaking

Ketua MGMP Geografi Jember Sosialisasikan Program Kerja Tahun Pelajaran 2021 - 2022

Ketua MGMP Geografi Jember Sosialisasikan Program Kerja Tahun Pelajaran 2021 - 2022

 


Jember,kabarejember.com 

   ------Pendidikan nasional yang memiliki visi mewujudkan sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas, sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Samakin terasa perannya dalam menghadapi dan mengatasi berbagai tantangan , baik yang berasal dari luar maupun yang berasal dari dalam.


Beberapa tantangan nyata yang dihadapi manusia Indonesia saat ini misalnya perilaku manusia yang tidak mencerminkan manusia terdidik. Kalau kita akui hal itu merupakan kegagalan pendidikan dalam membentuk manusia yang diharapkan


Tantangan lain yang nyata saat ini adalah akibat perkembangan takhnologi informasi dunia terasa semakain menyempit dalam artian mereka nan jauh ada dibelahan dunia lain dapat berkomunikasi dengan manusia lain yang ada di tempat yang berbeda, hal ini akan membawa dampak kepada pergaulan manusia yang menganggap tidak ada pemisahan antar negara melalui kotak teritorial. 


Dalam kondisi ini diperlukan para pendidik anak bangsa yang memiliki kesanggupan untuk berkompetensi agar mampu bersaing dalam kehidupan global.


Salah satu komponen yang mempengaruhi terhadap hasil pendidikan adalah guru, meskipun mungkin belum ada satu penelitian yang mengkorelasi rendahnya kualitas outcome pendidikan dengan guru.Terkadang guru sering menjadi kambing hitam dengan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. 


Tanpa bermaksud memperdebatkan kontribusi guru dalam penyelenggaraan pendidikan, kita sebagai guru geografi yang berada di wilayah hukum Kabupaten Jember perlu menyiapkan diri menjadi guru ideal dalam artian bukan hanya sebagai pengajar akan tetapi harus bisa dan mampu sebagai pendidik anak bangsa. 


Kami selaku ketua ingin  mengajak kepada semua anggota MGMP ini untuk saling bersinergi dan bersama - sama mengedepankan  kompetensi MGMP Geografi di Kabupaten Jember, yaitu :

1. Kompetensi

    Pedagogik ,

    Kemampuan para guru 

    Geografi dalam

    mengelola

    pembelajaran yang

    meliputi pemahaman

    terhadap peserta didik, 

    perencanaan dan 

    pelaksanaan

    pembelajaran, evaluasi

    hasil belajar, dan 

    pengembangan

    peserta didik untuk 

    mengaktualisasikan 

    berbagai potensi yang 

    dimiliki.


2. Kompetensi

    Kepribadian:

    Karakteristik pribadi 

    yang harus dimiliki 

    oleh Guru Geografi 

    sebagai individu yang

     mantap , stabil, 

     dewasa, arif, dan 

     berwibawa menjadi 

     teladan bagi peserta 

     didik , dan berahlak 

     mulia


3. Kompetensi

    Profesional :

    Kemampuan guru 

    geografi dalam 

    penguasaan materi 

    pembelajaran secara 

    luas dan mendalam 

    yang memungkinkan

    untuk membimbing

    peserta didik dalam 

    menguasai materi 

    yang diajarkan.


4. Kompetensi Sosial:

    Kemampuan kita 

    sebagai guru geografi 

    untuk berkomunikasi 

    dan bergaul secara 

    efektif dengan peserta 

    didik, sesama pendidik,

    tenaga kependidikan, 

    orang tua/wali peserta 

    didik, dan masyarakat 

    sekitar.


Dengan kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial ( PKPS ), dalam rangka memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan melalui tenaga kependidikan untuk mengantarkan peserta didik menjadi manusia seutuhnya sebagaimana tujuan pendidikan nasional, maka MGMG Geografi Kabupaten Jember memiliki peran yang strategis, bahwa kita sebagai ujung tombak dalam mewujudkan tujuan di atas, perlu dibekali dengan kemampuan - kemampuan teknis agar menjadi pendidik dan pengelola pendidikan yang senantiasa bernafaskan  kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial ( PKPS ),sehingga perlu terus menerus difasilitasi peningkatan kompetensi dan profesionalismenya.


Dalam pertemuan perdananya yang dilakukan secara virtual pada  hari Rabu 17 Maret 2021, pengurus MGMP   yang dipandu oleh moderator Nikmatur Rosidah, SPd ini diikuti oleh semua anggota geografi.


Pada pra acara, ketua mgmp Geografi dan moderator manyapa para anggota yang masuk google meet dengan penuh antusias.


karena para anggota yang mengikuti kegiatan tersebut sama - sama terikat  dengan kesibukan di sekolah masing - masing, akhirnya ketua MGMP Geografi Kabupaten Jember Abdullah Muizuddin Hamdani, MPd. langsung Memaparkan program - programnya, yaitu :

1. Sosialisasi proram

    kerja tahunan MGMP 

    Geografi,

2. Pendataan ulang 

    anggota MGMP 

    Geografi,

3. Pemantapan

    aturan-aturan umum

    MGMP Geografi 

    melalui AD / ART

4. Persiapan EHB BKS 

    kelas Xll,

5. Persiapan pembuatan 

    soal dan kisi - kisi ujian

    akhir semester genap 

     kelas X dan Xl.


" Sekarang kita sudah masuk program kerja paket ke-1 yaitu program study lapangan, maka mulai pertemuan MGMP berikutnya kita membahas bersama.dan disamping itu sehubungan dengan acara pelaksanaan EHB BKS bagi peserta didik kelas Xll, mari kita berdo'a bersama semoga pelaksanaan EHB BKS nantinya berjalan lancar dan sukses di sekolah - sekolah  bapak dan ibu sekalian " pungkas Ketua MGMP Geografi yang baru sepekan ini melakukan sertijab.( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact