Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ( PKKS ) SMA Argopuro Panti Jember Berjalan Lancar - Kabare Jember <>

Breaking

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ( PKKS ) SMA Argopuro Panti Jember Berjalan Lancar

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ( PKKS ) SMA Argopuro Panti Jember Berjalan Lancar

 


Jember, kabarejember.com

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah  ( PKKS ) merupakan salah satu  strategi pembinaan untuk menjaga profesionalisme kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.


Pada saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengembangkan pilar mutu pendidik dan tenaga kependidikan, yakni Uji Kompetensi, penilaian Kinerja, dan pengembangan keprofesionalan Berkelanjutan.Masalah utama kebijakan adalah " bagaimana meningkatkan mutu kepala sekolah melalui sistem rekrutmen dan pembinaan yang memenuhi standard agar kompetensi dan kinerja profesionalisme kepala sekolah memenuhi kebutuhan peningkatan mutu lulusan, artinya kepala sekolah mampu mewujudkan keunggulan mutu lulusan sekolahnya.



Kepala sekolah yang profesionalisme mampu merumuskan mutu lulusan yang ideal untuk satuan pendidikan yang dipimpinnya, dan keunggulan profesinya ditentukan dengan kesanggupan untuk mewujudkan 


Menjelang pukul 08.00 Wib, Kamis 25 Januari 2021, bertempat di Aula Lantai 2 SMA Argopuro Panti Jember, dilakukan  acara Penilaian Kinerja Kepala Sekolah ( PKKS ) tahun pelajaran 2020/2021. Penilaian yang dilaksanakan setiap tahun sesuai amanat Permendikbud No.6 tahun 2018.


Rangkain pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah ( PKKS ) tersebut dikemas secara formal, acara diisi dengan diawali pembukaan dan dilanjutkan dengan benerapa sambutan dimulai dari Ketua Yayasan berikutnya oleh kepala sekolah dan dilanjutkan oleh Tim penilai dari Dinas Pendidikan Propensi Jawa Timur wilayah kabupaten Jember.


Dalam sambutannya ketua YIKT-LPI Argopuro H.Agus Idham Khalid,SPd memaparkan selayang pandang tentang  kondisi Yayasan dan lembaga yang saat ini sedang dipimpinnya.

" Muto YIKT - LPI Argopuro Panti Jember, bahwa " Disiplin adalah Vaksin ", intinya kami di Panti ini ada lembaga yang benar - benar disiplin untuk menggotong lembaga kita kedepan, ya tentunya disiplin yang ber akhlakul karimah. Semua dewan guru yang mengabdi di Lembaga ini agar benar-benar menjadi pendidik dan buka hanya sekedar menjadi pengajar " papar Ketua YIKT - LPI Argopuro Panti.


Di tempat yang sama sambutan Kepala Sekolah SMA Argoouro Panti Jember Wiwik Suwitolaksono, SS. Yang didampingi oleh Waka Kurikulum Busono SPd.


Dalam sambutannya Wiwik Suwitolaksono menyampaikan ucapan terimakasih baik kepada Ketua YIKT - LPI Argopuro Panti, kepada Tim Penilai maupun kepada segenap dewan guru dan jajarannya.Tidak hanya itu, Ia juga menyampaikan sekilas tentang paradigma pendidikan SMA Argopuro Panti 


" Kami  mengucapkan banyak terimakasih kepada semua yang hadir pada acara ini, dan mohon maaf dengan keadaan lembaga atas ketidak nyamanannya", Ucap Pria yang baru setahun berjalan sebagai kepala sekolah.


Menjelang jam 08.30 Wib, keadaan cuaca mulai mendung saat acara giliran sambutan oleh Tim Penilai Sutiyo SPd. Dalam sambutannya, Sutiyo panjang lebar memberikan arahan dan saran kepada Kepala Sekolah dan jajarannya yang berkaitan dengan program penilaian.


" Program yang akan kami nilai dari kinerja kepala sekolah adalah 8 SNP yang nantinya juga bermanfaat untuk persiapan Akreditasi sekolah pada tahun yang akan datang", kilah Sutiyo.


Masih menurut Sutiyo, Ia memberi saran agar Guru yang pengabdiannya lebih 10 tahun harus dikasik penghargaan. 


" Dalam butir PKKS itu kan sudah diatur tentang penghargaan guru yang pengabdiannya lebih 10 tahun, ya diterapkan dong " imbuh Sutiyo.


Selesai memberikan sambutan, tim penilai langsung melanjutkan penilaian ( Action ) dengan menggunakan metode studi dokumen/fortofolio dan wawancara.


Tim penilai bersebelahan dengan kepala sekolah dan kurikulum dan  berhadap - hadapan dengan bapak/ibu guru dan staf SMA Argopuro Panti Jember, seakan sedang bertandin, layaknya Timnas Sepak bola bersiap - siap menghadapi laga final.


Paparan demi paparan yang disampaikan Tim Penilai, ditanggapai serius oleh kepala sekolah dan jajarannya , walau awalnya terkesan menegangkan, namun tak lama kemudian suasana mulai terasa menyenangkan, hal ini terlihat dari raut wajah kepala sekolah dan jajarannya yang berangsur - angsur mulai nampak aurora atmosfer di wajah para dewan guru .


Ketebalan awan yang semakain gelap disertai gerimis, seolah - olah tidak terlihat ke dalam ruangan Aula SMA Argopuro Panti yang menjadi pusat penilaian.


Gerimis mulai berhenti dan cuaca mulai cerah sekira jam 11.40 Wib, nyaris berbarengan dengan berakhirnya acara PKKS kali ini.


Semua evaluasi berjalan lancar, dan semoga nanti hasilnya baik.

" Kami menyadari kalau masih banyak sekali kekurangan yang harus benahi dan kita perjuangkan bersama " pungkas Busono selaku Waka Kurikulum.  (A.Mulyono ) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact