Bank Indonesia Gandeng UNEJ dan Polres Jember Bangun Marketplace - Kabare Jember <>

Breaking

Bank Indonesia Gandeng UNEJ dan Polres Jember Bangun Marketplace

Bank Indonesia Gandeng UNEJ dan Polres Jember Bangun Marketplace

 


JEMBER ,kabarejember.com 

  ---- Pandemi Covid-19 menjadi tantangan namun juga peluang bagi pelaku usaha khususnya UMKM. Guna membangun dan membangkitkan geliat UMKM Jember, Bank Indonesia melalui kantor perwakilan Jember menggelar diskusi yang melibatkan Universitas Jember dan Polres Jember (23/2). Menurut Kepala kantor BI Jember, Hestu Wibowo, di tengah kondisi yang tidak kondusif akibat pandemi Covid-19, terdapat peluang yang belum ditangkap UMKM sepenuhnya, diantaranya melalui online shopping, Food Delivery, dan transaksi melalui e-commerce. Intinya perlu Marketplace bagi UMKM Jember.


Dengan terbangunnya Marketplace yang akan dibangun dirinya berharap adanya peningkatan UMKM yang kemudian berdampak pada kondisi pelaku UMKM yang nantinya pemasaran produk UMKM optimal, literasi digital meningkat dan produk tersertifikasi halal.


“Dari sisi konsumen dengan aktivitas sehari-hari padat dengan bekerja Work From Home akan mengurangi aktivitas di luar rumah sebagai upaya mengindari risiko penularan Covid-19. Sehingga konsumen terbiasa memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui belanja online dan lebih prefer membeli produk yang berkualitas tinggi & terjamin kehalalannya (higienis).” Tandasnya.


“Dari situlah akan terdapat perubahan yang signifikan perilaku belanja online konsumen yang merupakan peluang bagi UMKM, kami menemukan aktivitas belanja online sebagian masyarakat berpenghasilan diatasa 7,2 juta meningkat sedangkan masyarakat berpenghasilan kurang dari 1,8 juta menurun,” paparnya.


Sementara itu Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan bahwa pembuatan marketplace adalah bagian dari strategi membangkitkan laju perekonomian masyaraat Jember, oleh karena itu dirinya mengatakan akan sangat relefan jika melibatkan dosen dalam melaksanakan Tri darma perguruan tinggi baik pengabdian ataupun penelitian terhadap perilaku UMKM serta Mahasiswa Universitas Jember untuk mendapatkan pendidikan diluar kampus. 


Dalam pertemuan itu, turut hadir Hestu Wibowo Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. Wakil Rektor I (Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni), Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc, Ph.D. Wakil Rektor III (Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Hubungan Masyarakat) dan Kompol Windy Syafutra, S.H., S.I.K., S.Med. Kom. Waka Polres Jember dan Didik Suharijadi selaku Ketua Panitia Jembersae.


Hestu Wibowo, Kepala Kantor Bank Indonesia Jember memaparkan secara nasional Unit usaha  64,19 Juta dengan serapan tenaga kerja 116,98 juta orang dengan kontribusi THD PDB sebesar Rp. 8.573.89 Triliun sekitar 61,07% PDB Nasional serta kontribusi terhadap investigasi Rp. 2.564,55 Triliun dengan sumbangsi 60,42 terhadap seluruh investasi. (to2/is/iim/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact