Antisipasi Demam Berdarah, Pemdes Kasiyan Gelar PSN - Kabare Jember <>

Breaking

Antisipasi Demam Berdarah, Pemdes Kasiyan Gelar PSN

Antisipasi Demam Berdarah, Pemdes Kasiyan Gelar PSN

 


Jember, kabarejember.com -- Hampir setiap tahun kejadian berjangkitnya DBD (Demam Berdarah Dengue) di Indonesia cenderung meningkat pada pertengahan atau penghujung musim penghujan sekitar bulan Januari atau Pebruari.


Mengantisipasi berjangkitnya Demam Berdarah di musim  pancaroba, Pemdes Kasiyan, Bidan Desa Kasiyan bersama kader posyandu desa Kasiyan melaksanakan kegiatan PSN (Pembersihan Sarang Nyamuk) di wilayah Posyandu Lemuru 93 yg ada di dusun Gadungan Desa Kasiyan Kecamatan Puger, Jumat (05/


Peserta PSN melakukan pembersihan sarang nyamuk yang biasanya suka bertelur di genangan air bersih, seperti bak mandi, kolam, ataupun tempat-tempat sampah yang terdapat genangan air. 


Selain melakukan PSN di kawasan perumahan penduduk, masyarakat juga di edukasi tentang pentingnya pencegahan DBD dengan melakukan 3M yaitu :

1. Menguras atau membersihkan  tempat yang dijadikan penampungan air, seperti bak mandi, kolam, ember air dan lainnya

2. Menutup tempat penyimpanan air, seperti gentong, kendi, drum, toren air dan sejenisnya 

3. Mengubur atau memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti penular Demam Berdarah.


Kepala Desa Kasiyan, Mohammad Mahfud kegiatan PSN yang dilakukan merupakan langkah antisipasi berjangkitnya DBD di desa Kasiyan. 


"Diharapkan masyarakat meneruskan kegiatan Pembersihan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungannya masing-masing, agar Demam Berdarah tidak berjangkit di desa Kasiyan. Selain itu dihimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran  covid-19."ujar Mahfud. (her)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact