PTPN XI Mitra Strategis Universitas Jember - Kabare Jember <>

Breaking

PTPN XI Mitra Strategis Universitas Jember

PTPN XI Mitra Strategis Universitas Jember




Jember, kabarejember.com 

----- Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI) adalah salah satu mitra strategis Universitas Jember. Strategis mengingat banyak unit usahanya yang ada di wilayah Jember dan sekitarnya, serta strategis karena bisnis utama PTPN XI memiliki kesamaan dengan visi dan misi Universitas Jember, yakni mengembangkan pertanian dan perkebunan industrial. Oleh karena itu Universitas Jember mantap menggandeng PTPN XI bekerjasama, terutama dalam mengembangkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Pernyataan ini disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, saat kegiatan penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) antara Universitas Jember dengan PTPN XI secara daring di aula lantai 3 gedung Rektorat (28/1).

Menurut Iwan Taruna, sebenarnya kerjasama antara Universitas Jember dengan PTPN XI sudah terjalin sejak lama, namun dengan penandatanganan MoU kali ini maka jalinan kerjasama  lebih diperkuat. “PTPN XI adalah salah satu BUMN yang menjadi mitra strategis kami, adanya unit usaha pertanian dan perkebunannya di Jember dan daerah sekitar Jember menjadi lokasi riset dan pengabdian masyarakat sivitas akademik Universitas Jember. Tidak hanya unit usaha yang berkaitan dengan pertanian dan perkebunan, namun unit usaha lainnya semisal rumah sakit yang turut menerima kiprah dosen dan mahasiswa kami,” tegas Rektor Universitas Jember yang didampingi Wakil Rektor I dan III beserta pejabat lainnya.

Kerjasama antara Universitas Jember dengan PTPN XI dinilai makin penting di kala Kemendikbud mencanangkan Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, dimana mahasiswa bahkan dosen mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu di luar kampus, termasuk di unit-unit usaha PTPN XI. Baik dalam rangka riset, pendidikan dan latihan, magang maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat.  “Selain itu, PTPN XI adalah pengguna lulusan kami, oleh karena itu masukan dari kalangan industri sangat kami harapkan untuk penyempurnaan kurikulum agar lulusan Universitas Jember adaptif terhadap tuntutan jaman. Kami juga mengundang para profesional dan praktisi dari kalangan BUMN untuk berbagi pengalaman di kampus,” imbuh Iwan Taruna.

Harapan Rektor Universitas Jember mendapatkan sambutan dari Direktur PTPN XI, Tulus Panduwidjaja. Menurutnya, kerjasama dengan Universitas Jember selama ini telah menunjukkan manfaat bagi kedua belah pihak. “Contohnya tebu transgenik N11-4T yang dikembangkan oleh peneliti Universitas Jember dan dikembangkan di lahan PTPN XI mendapatkan apresiasi di tingkat Asia Pasifik. Oleh karena itu kami terbuka menjalin kerjasama dengan Universitas Jember dalam rangka mewujudkan swasembada gula yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Selain itu PTPN XI tengah mengembangkan penelitian tentang pisang yang dilakukan di pusat penelitian kami di Sukosari, Lumajang, yang terbuka untuk kolaborasi riset dengan peneliti Universitas Jember,” jelas Tulus Panduwidjaja.

Selain membuka diri dalam melaksanakan riset, PTPN XI juga berharap ada ide dan inovasi dari kalangan kampus dalam rangka mengembangkan produk samping dari bisnis utama yang diusahakan oleh PTPN XI. “Saat ini di masa pandemi Covid-19, pemerintah meminta BUMN turut serta dalam mengembangkan dan membina UMKM agar mampu bertahan, nah di sinilah ide dan inovasi dari kampus kami harapkan,” pungkas Tulus Panduwidjaja yang dalam kesempatan ini didampingi para pajabat utama PTPN XI, diantaranya M. Sholeh Kusuma yang merupakan alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember. (Iza/afa/ iim/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact