Buntunya Selokan Sepanjang Jalan Propinsi Kasiyan-Bagorejo Akibatkan Banjir di Mlokorejo - Kabare Jember <>

Breaking

Buntunya Selokan Sepanjang Jalan Propinsi Kasiyan-Bagorejo Akibatkan Banjir di Mlokorejo

Buntunya Selokan Sepanjang Jalan  Propinsi Kasiyan-Bagorejo Akibatkan Banjir di Mlokorejo



 Jember, kabarejember.com 

 - Hujan kembali mengguyur kabupaten Jember mulai Jumat malam sampai Sabtu pagi (09/01/2021) berpotensi dapat memperparah beberapa wilayah yang terdampak banjir.


Hasil pantauan kabarejember.com pada Sabtu pagi (09/01/2021) air di jalan desa Mlokorejo bagian timur masih belum surut, meskipun Jumat kemarin sudah dilakukan upaya  gotong royong oleh Pemdes Mlokorejo bersama masyarakat untuk membersihkan sampah-sampah yang menyumbat saluran air. 


Kondisi infrastruktur saluran air dan jalan lingkungan desa Mlokorejo sebenarnya masih dalam keadaan baik, tetapi sayang saluran air tersumbat banyaknya sampah.


Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Mlokorejo, H. Mahfudz kepada media ini, kondisi jalan lingkungan di wilayah Mlokorejo pada umumnya masih bagus dan dapat menampung debit air akibat curah hujan.


"Penyebab utama dari banjir lokal ini adalah semua saluran air atau selokan, dan gorong-gorong ambrol di beberapa titik jalur Propinsi sepanjang Desa Kasiyan sampai Desa Bagorejo hampir semuanya buntu total. Kondisi ini juga diperparah dengan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat."katanya.


Masih menurut H. Mahfudz, untuk memperbaiki ataupun normalisasi saluran tersebut menjadi tanggung jawab PU Propinsi Jawa Timur. "Kami tidak bisa memperbaiki saluran Propinsi. Dana yang berasal dari DD atau ADD tidak dapat mengcover, yang bisa haruslah berasal dari APBD 1 Propinsi karena itu ranahnya PU Bina Marga Propinsi Jawa Timur."


Selain buntunya saluran air sepanjang jalan Propinsi yang mengakibatkan banjir, dan kondisi jalan raya yang rusak dan banyak lubang akibat tidak mampu menahan beban  kendaraan besar bermuatan berat yang melintas, sehingga mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan. "Kami berharap Dinas Propinsi terkait segera membenahi kondisi seperti ini di tahun 2021, sehingga masyarakat tidak resah. Selain itu, saya menghimbau kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan lingkungan."pungkas H. Mahfudz. (her)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact