Kader Posyandu Desa Jambearum Ikuti Pelatihan Rumah Desa Sehat - Kabare Jember <>

Breaking

Kader Posyandu Desa Jambearum Ikuti Pelatihan Rumah Desa Sehat

Kader Posyandu Desa Jambearum Ikuti Pelatihan Rumah Desa Sehat

 


Jember,kabarejember.com 

 - Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Jambearum Kecamatan Puger Jember memberikan pelatihan rumah desa sehat kepada seluruh kader Posyandu di Desanya.


Bertempat di Pendopo Desa Jambearum, sebanyak 45 kader Posyandu dari seluruh Desa Jambearum mengikuti pelatihan rumah desa sehat. 24/11/2020


Selain materi pelatihan berbentuk teori, kegiatan praktek pun turut menjadi materi dalam kegiatan pelatihan tersebut.


Pemerintah Desa Jambearum, melalui Skertaris Desa, Zainul Amin kaitan dengan pelatihan tersebut menyampaikan" ya kegiatan kader posyandu ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya," tuturnya.


Pada awalnya kegiatan ini dilaksanakan oleh Puskesmas dengan kegiatan yang kita kenal Emo Demo.

Melihat begitu besar manfaat kegiatan tersebut, pihak Pemdes Jambearum mengambil inisiatif menggelar pelatihan ini yang melibatkan seluruh kader posyandu yang ada di Desa.


"Untuk kegiatan itu sendiri awalnya dibiayai oleh pihak Puskesmas, namun untuk pelatihan yang kedua ini dibiayai oleh Pemerintah Desa Jambearum," jelasnya.


Di Desa Jambearum ini ada 9 Pos Kader Posyandu, dimana dari 9 pos ini ada sekitar 45 kader, semua kita ikutkan dalam pelatihan ini.


Adapun tujuan dari pelatihan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kecekapan para kader dalam memberikan pelayanan kepada balita dan lansia. Mereka ini tidak hanya dibekali materi, tapi banyak kegiatan praktek bagaiana ketika mereka berhadapan langsung dengan masyarakat.


Menyentuh soal kematian ibu dan bayi di Desa Jambearum, Zainul menegaskan" Alhamdulillah untuk kasus kematian ibu dan bayi di Desa Jambearum saat ini itu nihil, dan untuk kasus stanting juga tidak ada, tapi tetap kita berjaga-jaga dan sudah dialokasikan di anggaran desa," Pungkasnya. 


Kegiatan pelatihan rumah desa sehat yang digelar dimasa pandemi covid ini berjalan lancar, seluruh peserta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tidak lupa cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker. (Lik)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact