- Kabare Jember <>

Breaking



Jember,kabarejember.com 

-- - Operasi yustisi masker yang setiap hari dilaksanakan oleh tim gabungan secara pelan namun pasti memberi dampak positif bagi masyarakat. Data resmi orang yang terpapar covid19 masih cukup tinggi di Kabupaten Jember. Pertanggal 10 November 2020 sudah 1.461 dan yang sembuh 1.272 orang. Pasien yang masih dirawat 130 (8,9%).


Hari ini, Rabu (11/11/2020) operasi digelar di Jl. Cendrawasih tepatnya di depan gedung pramuka Kwartir Jember. Satgas Covid19 dengan tim penegakan kedisiplinan yang terdiri dari unsur BPBD, TNI, Polri, Dishub, Pol PP dan Dinkes kali ini melibatkan anggota Pramuka.


Semangat yang sama antara Satgas Covid19 dengan Pramuka terhadap penanganan covid19 mempermudah sinergitas keduanya. Sekretaris Kwarcab Jember, Ahcmad Nawawi, SH,. M.Pd, mengatakan senang bisa berkolaborasi dengan Satgas. 


"Ini kegiatan operasi yustisi dari tim covid  kabupaten yang kebetulan di Gerakan Pramuka itu erat sekali," ucap Nawawi. Sebab, tema hari ulang tahun Pramuka tahun ini adalah peran Gerakan Pramuka dalam membantu penanggulangan Covid19 dan Bela Negara, katanya.


Menurut Nawawi, kegiatan yustisi masker ini sangat sinergi sekali Dangan Gerakan Pramuka. "Operasi yustisi masker ini sudah dua kali diadakan disini," katanya bangga. Lokasi gedung Pramuka berada di jalur yang ramai dan masih berada didalam kota, sekitar 2-3 kilometer dari alun-alun Kabupaten.


"Kami dari Brigade Penolong 1309, salah satu kegiatannya ya seperti ini, ikut membagikan masker" terang Nawawibyang juga sebagai ketua Brigade Penolong 1309. Kali ini keterlibatan tim Pramuka di bagian pengawalan atau pendampingan sanksi sosial bagi pelanggar.


Wujud sanksi sosial diantaranya membersihkan halaman gedung Pramuka, menyanyikan lagu nasional, menghafalkan Pancasila, dan bersholawat. Tidak ada sanksi administratif. Tim Brigade 1309 Gerakan Pramuka Kwartir Jember turun dengan 9 personil. Total anggota tim sejumlah 12 orang. 



Seorang anggota polisi sedang mencari pelanggar disiplin protokol kesehatan


Dibagian lain, Koordinator Satgas Covid19, M Rahman Subagio mengatakan, ada kecenderungan jumlah pelanggaran menurun. "Hari ini tercatat tujuh puluh empat dan kemarin delapan puluh tujuh, jadi ada penurunan jumlah panggar," katanya. 


Kepala Operasi yustisi masker dipimpin00p0 AKP Istono Kasubag Ops Polres Jember. (SGM) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact