Hasil Lomba Publik Membaca Universitas Jember Diumumkan Hari Ini - Kabare Jember <>

Breaking

Hasil Lomba Publik Membaca Universitas Jember Diumumkan Hari Ini

Hasil Lomba Publik Membaca Universitas Jember Diumumkan Hari Ini




Jember,kabarejember.com 

--Banyak kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 56 Universitas Jember, salah satunya adalah Lomba Publik Membaca Universitas Jember. Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini melombakan kesan, saran, dan pengalaman keluarga besar Universitas Jember akan kampus tercintanya melalui media sosial. Ada tiga kategori yang dilombakan yakni status di Facebook, foto di Instagram serta video pendek di Instagram dan Youtube. Dan hasilnya diumumkan hari ini (26/11) dalam kegiatan webinar bertajuk “Anugerah Lomba Pekan Ilmiah dan Peluncuran Buku” dalam rangka Peringatan Dies Natalis ke 56 Universitas Jember.


Menurut Koordinator Lomba Publik Membaca Universitas Jember, Ikhwan Setiawan, kegiatan digelar dalam rangka mengetahui tanggapan masyarakat khususnya keluarga besar Universitas Jember mengenai kampusnya yang dicurahkan melalui media sosial. “Saat ini media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Apalagi di kalangan mahasiswa sebagai anak muda yang tergolong digital native. Pun begitu dengan siswa yang nanti bakal menjadi mahasiswa kita. Harapannya Universitas Jember bisa menyerap saran, masukan dan kritik sebagai penyempurna pengembangan kampus tercinta melalui media sosial. Tahun depan bakal kita adakan lagi,” jelas Ikhwan Setiawan. 


Tampil sebagai juara pertama di kategori status di media sosial adalah Yusri Fajar. Alumnus kampus Tegalboto yang kini menjadi dosen di Universitas Brawijaya ini mengharapkan agar almamater tercintanya makin berkibar di masa datang dalam bentuk prosa yang menarik. Sementara itu pemenang pertama kategori foto adalah Adi Rahmad Hidayatullah yang memotret gedung rektorat di kala sore hari. “Untuk pemenang pertama kategori video pendek adalah M. Bayu Firmansyah yang dengan apik membacakan puisi berisi refleksi bagi sebuah perguruan tinggi, video ini berjudul Landas,” imbuh Ikhwan Setiawan yang dosen Sastra Indonesia ini.


Selain pengumuman hasil Lomba Publik Membaca Universitas Jember, turut dibacakan pula pemenang lomba video pembelajaran untuk kategori guru dan dosen. Pada kategori guru dimenangkan oleh Helmi Sintawati dari SMAN 2 Bondowoso sebagai juara pertama. Sedangkan pada kategori dosen diraih oleh Endro Sulistyono, dosen di Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. 


Panitia juga mengumumkan hasil lomba jurnal ilmiah terbaik se Universitas Jember yang tahun ini diraih oleh jurnal Indonesian Journal of Combinatorics. Jurnal ini adalah jurnal di bidang kombinatorika dan teori graf seperti pelabelan graf, masalah jaringan optimal, dimensi metrik, pewarnaan graf, sambungan pelangi, dan topik terkait lainnya. Diterbitkan oleh Indonesian Combinatorial Society (InaCombS), CGANT Research Group Universitas Jember dan Departemen Matematika Universitas Indonesia.

Webinar makin meriah dengan penampilan petikan gitar ala Spanyol oleh Prof. Yuli Witono, guru besar Fakultas Teknologi Pertanian yang menyanyikan lagu ciptaannya berjudul Kampus Insan Juang. Lagu yang terinspirasi dari sesanti Universitas Jember, Karya Rinaras Ambuka Budhi, Gapura Mangesti Aruming Bawana. Ada pula peluncuran dua buku berjudul “Biografi R. Soedjarwo, Pendiri Universitas Jember, Bupati Botol Kosong dan Pejuang Kemerdekaan” karya R. Soehardjo Widodo dan buku berjudul “Purna Bhakti Tangguh” karangan Imam Soebagio, mantan Kepala Humas Universitas Jember.  


Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember Iwan Taruna menyampaikan apresiasi kepada segenap panitia dan para peserta yang telah membuktikan mampu terus berkreasi di tengah pandemi Covid-19 yang juga mendera Universitas Jember. “Pandemi tidak lantas menyurutkan semangat kita untuk berkreasi, tapi tentu tetap dalam  disiplin mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.  (miai/iza/iim/hms) 


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact