Berkat Alat Penetas Itik Otomatis Tenaga LPG, Hasil Produksi Meningkat - Kabare Jember <>

Breaking

Berkat Alat Penetas Itik Otomatis Tenaga LPG, Hasil Produksi Meningkat

Berkat Alat Penetas Itik Otomatis Tenaga LPG, Hasil Produksi Meningkat

 


Jember, kabarejember.com 

 -- Dengan semakin berkembangnya tehnologi di era yang serba canggih ini, manusia dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam bekerja dan berusaha.


Salah satu contoh nyata adalah usaha penetasan itik milik Mustakim, (40) yang berlokasi di dusun Krajan desa Purwoasri kecamatan Gumukmas kabupaten Jember, merupakan satu-satunya alat/mesin penetasan itik otomatis menggunakan energi gas (LPG) yang merupakan bantuan dari Politehnik Jember.


Menurut Mustakim, tanpa diduga dirinya memperoleh bantuan alat penetas dari poltek Jember. "Saya tidak pernah mengajukan proposal atau permintaan sebelumnya. Tetapi saya didatangi oleh seseorang dari Jember untuk coba menggunakan mesin penetas itik secara gratis.'katanya.


Sebelum menggunakan alat ini, dirinya menggunakan mesin penetas itik dengan menggunakan lampu. Tetapi setelah memakai mesin penetas itik otomatis, terasa sekali perbedaan dan manfaatnya.


"Dulu ketika menggunakan mesin penetas manual, untuk menetaskan 5.000 telur menghabiskan biaya listrik sekitar Rp. 1.900.000,- perbulan, tetapi dengan mesin ini saya cuma menghabiskan biaya sekitar Rp. 300.000,- perbulan." Kata Mustakim.


Selain itu, tambah Mustakim, angka kematian anak itik semakin kecil. Jika memakai mesin manual, 5.000 ribu telur menetas sekitar 65% , dengan mesin penetas otomatis energi LPG ini menetas 90% dan kondisi anak itik dalam kondisi lebih sehat.


"Dengan menggunakan mesin ini, sangat menghemat waktu karena telur dapat berputar otomatis sesuai dengan waktu yang dapat disetel, jadi tidak perlu membolak-balikkan telur satu persatu seperti penetasan manual yang menggunakan lampu."imbuh Mustakim.


"Alhamdulillah, dengan menggunakan mesin penetas itik otomatis tenaga LPG, saya sangat merasakan manfaatnya karena dapat bekerja secara efisien dan efektif. Dan tentunya hasil produksi anak itik akan semakin meningkat."pungkas Mustakim menutup wawancara. (heri)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact