Di tengah COVID-19, MGMP Geografi Jember, Dilaksanakan Pembukaan MGMP periode 2020/2021 Melalui Video Conference - Kabare Jember <>

Breaking

Di tengah COVID-19, MGMP Geografi Jember, Dilaksanakan Pembukaan MGMP periode 2020/2021 Melalui Video Conference

Di tengah COVID-19, MGMP Geografi Jember, Dilaksanakan Pembukaan MGMP periode 2020/2021 Melalui Video Conference


Jember,kabarejember.com 

--Ketua MGMP Geografi SMA Kabupaten Jember, Umi Fauziah,SPd berkometmen untuk senantiasa bersama-sama mendorong transformasi dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dari tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh baik daring maupun luring.

Menurut Umi Fauziah, selaku  Narasumber dalam acara ini, bahwa menjadi keharusan bagi guru dan tenaga pendidikan untuk menguasai teknologi informasi seiring dengan dikembangkannya Blended Learning dalam dunia pendidikan.

" MGMP Virtual yang kita selenggarakan ini merupakan salah satu tahap dari transformasi tersebut, oleh karenanya mari kita sukseskan program MGMP Geografi di Kabupaten Jember ini," ujar Umi Fauziah.

Pembukaan MGMP Geografi yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting Aplication pada hari Rabu tanggal 19 Agustus 2020 dimulai jam 10.00 Wib, yang diikuti oleh 30 anggota, terbagi dalam 2 sesi yaitu pendataan kehadiran peserta sebagai sesi awal sekaligus penyampaian informasi hal sertifikat MGMP, dan sharing model dan metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh para dewan guru selama masa pandemi Covid-19.  

Serta melaksanakan sertam KI KD mata pelajaran geografi berdasarkan perubahan KI KD sesuai dengan permendikbud nomor 37 tahun 2018 untuk dimusyawarahkan dalam forum MGMP.

" Acara Pembukaan MGMP ini kami sudah berkoordinasi dengan PJP MGMP Geografi Kabupaten Jember, Dora Indriana,SPd, MPd, " tutur Umi Fauziah. 

Lebih jauh lagi ketua MGMP Geografi Jember, Umi Fauziah, SPd mempresentasikan pembelajaran model daring. "Kami selama ini  menggunakan metode  pembelajaran daring dengan dengan Watshapp, Google Classroom dan lain lain,"  tutur Umi.

Sementara Sekretaris MGMP Geografi Kabupaten Jember, Muizuddin HM.Pd. Ia mempresentasikan model pembelajaran lebih menitik beratkan pada kendala-kendala yang menjadi pokok permasalahan selama masa pandemi Covid-19. 

Menurutnya, kendala yang dialami  selama ini adalah perihal jaringan.  Karena memiliki letak geografis yang berbeda-beda dan kendala kondisi ekonomi siswa.  

Oleh  karena itu, ini sangat menarik untuk kita bahas dan kita sikapi dalam forum MGMP Geografi," papar Muiz.

Hal senada juga dipresentasikan oleh senior MGMP geogragi, Drs.Dwi Waskito, bahwa kendala juga sama yaitu perihal Jaringan dan keuangan Siswa, dan pihaknya gagal memprogramkan pembelajaran dengan metode Microsoft Sway.365 dalam pembelajaran, "Ya maklumlah dengan kondisi ekonomi seperti saat sekarang ini, apalagi sekolah yang ada dipinggiran," pungkas Dwi Waskito.

Menjelang berakhirnya acara pertemuan MGMP Geografi, Umi Fauziah SPd menambahkan " Pertemuan dalam tahun ini adalah pertemuan terakhir karena masa periode kami sebagai Ketua MGMP Geogarfi Kabupaten Jember sudah 3 tahun, sehinga untuk tahun depan sudah pergantian ketua MGMP baru," pungkasnya. 

( A.Mulyono )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact