Hari Pertama, UTBK Masuk SBMPTN 2020 Lancar - Kabare Jember <>

Breaking

Hari Pertama, UTBK Masuk SBMPTN 2020 Lancar

Hari Pertama, UTBK  Masuk SBMPTN 2020  Lancar


Jember, kabarejember.com
-- Hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Pusat UTBK Universitas Jember berjalan lancar. Keberhasilan ini mendapatkan apresiasi dari Bupati Jember, dr. Faida, MMR., yang langsung melihat dari dekat pelaksanaan UTBK sesi pertama di hari pertama bersama jajaran Forkompimda Jember. Ada dua lokasi UTBK yang dikunjungi oleh Bupati Jember, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Kedokteran (5/7).
Dalam kesempatan ini Bupati Jember menilai Pusat UTBK Universitas Jember telah menjalankan semua prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19, mulai dari peserta datang, mengikuti ujian hingga peserta meninggalkan lokasi Pusat UTBK.
“Hari ini saya bersama bersama Komandan Kodim 0824 dan perwakilan Polres Jember  melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK Universitas Jember, dan alhamdulillah berjalan lancar sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-29 Jember. Kami berharap, hingga hari terakhir pelaksanaan UTBK nanti juga akan berjalan dengan lancar,” jelas dr. Faida, MMR., saat memberikan penjelasan di lokasi UTBK di Fakultas Kedokteran.
Sementara itu menurut Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, keberhasilan pelaksanaan UTBK di Kampus Tegalboto tidak lepas dari kerjasama yang baik antara Universitas Jember dengan Pemkab Jember. “Tim Pos Covid Universitas Jember telah berkomunikasi secara intens dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jember guna merumuskan tahapan apa saja yang harus dilakukan selama pelaksanaan UTBK. Prinsipnya kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta bersama panitia,” tutur Iwan Taruna.
Protokol kesehatan yang diterapkan diantaranya, pemeriksaan suhu tubuh dan hasil rapid test bagi peserta UTBK, semenjak mereka memasuki kawasan Kampus Tegalboto. Setibanya di lokasi UTBK maka peserta masuk ke ruang transit untuk kembali diperiksa kelengkapan berkas administrasi dan pengukuran suhu tubuh untuk kedua kalinya. Selama UTBK berlangsung, para pengantar pun tidak boleh menunggu di kawasan Kampus Tegalboto. Pusat UTBK Universitas Jember menyiapkan 18 ruang UTBK yang mampu menampung 360 peserta pada setiap sesinya, dimana setiap harinya  ada dua sesi UTBK. Total ada 12.081 peserta yang akan mengikuti UTBK di Universitas Jember. Tahap pertama UTBK berlangsung dari tanggal 5 Juli hingga 14 Juli 2020, sementara tahap kedua akan diadakan pada tanggal 20 Juli hingga 29 Juli 2020.   
Sementara itu menurut Rokhmad Hidayanto, Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember, terdapat 22 peserta yang absen pada sesi pertama hari pertama pelaksanaan UTBK. “Sekali lagi kami menghimbau bagi semua peserta UTBK agar tetap menjaga kesehatan agar benar-benar fit saat menjalani UTBK. Jika ada permasalahan segera hubungi Pusat UTBK atau kami di Humas Universitas Jember,” kata Rokhmad Hidayanto. (mia/iim/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact