Wabup Ikuti Vidcon Pemprov Jatim - Kabare Jember <>

Breaking

Wabup Ikuti Vidcon Pemprov Jatim

Wabup Ikuti Vidcon Pemprov  Jatim



LUMAJANG,                Kabarejember.com
--Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., mengikuti Video Conference (vidcon) dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur di Ruang Mahameru Kantor Bupati, Selasa (23/06/2020).

Dalam kesempatan itu, Wabup  menyimak tiga paparan yang disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, dan Kepala BPKP Jatim.

Wakil Gubernur Jatim,  DR. Emil Dardak menjelaskan bahwa dalam Perpres 80 Tahun 2019 ada 108 dari 218 Proyek atau 49,54% Program Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan akan dibiayai oleh APBN dan termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Sangat diperlukan peranan BPKP untuk meningkatkan pengawasan atas tata kelola governance percepatan pelaksanaan PSN dan melakukan pendampingan dalam rangka pengadaan barang/jasa tertentu dalam pelaksanaan PSN,” ujar Wagub.

Wagub berharap nantinya Proyek Strategis Nasional dapat menumbuhkan investasi di sektor industri, pariwisata, jasa dan perdagangan.

Mantan Bupati Trenggalek itu juga berharap dapat menumbuhkan potensi wisata yang sinergis dengan sektor ekonomi lainnya di lingkar Kawasan Bromo Tengger Semeru (TN BTS).

“Seperti adanya Tol Probolinggo-Lumajang nantinya juga akan menambah akses ke destinasi wisata yang menjadi entry point, seperti ke Pura tertua di Senduro, Ranu Pani dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPKP Jatim, Alexander Rubi Setyoadi berharap pada pelaksanaannya nanti Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mengawal proses pembangunan 218 PSN secara transparan, akuntabel dan profesional.

“Untuk itu diperlukan kebijakan pengawalan terhadap pelaksanaan percepatan pembangunan ekonomi wilayah/kawasan,” tegasnya.

Pada acara Vidcon tersebut, Wabup didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Triyono, M. Si.
Reporter : Suatman

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact