Optimalisasi Posyandu Gerbangmas Siaga, Bina Pokjanal dan Sektap - Kabare Jember <>

Breaking

Optimalisasi Posyandu Gerbangmas Siaga, Bina Pokjanal dan Sektap

Optimalisasi Posyandu Gerbangmas Siaga, Bina Pokjanal dan Sektap


Lumajang, Kabarejember,com
(29 Oktober 2019) -- Program kegiatan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) dan Sekretariat Tetap Kelompok Kerja Operasional (Sektap) Posyandu Gerbangmas Siaga se-Kab. Lumajang diharapkan lebih optimal dan menyentuh kepada kepentingan serta kebutuhan masyarakat.

Demikian sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Lumajang, yang disampaikan Wakil Ketua 4 TP PKK Kab Lumajang, Mimik Buntaran, pada acara pembukaan Pembinaan Pokjanal dan Sektap
Posyandu Gerbangmas Siaga Kabupaten Lumajang Tahun 2019, di Aula Panti PKK Kab. Lumajang, Selasa (29/10/2019).

Mimik Buntaran menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya pembinaan tersebut adalah untuk memotivasi Pokjanal dan Sektap Posyandu Gerbangmas Siaga, dalam rangka memberikan pembinaan fasilitasi, advokasi, pemantauan, dan evaluasi pengelolaan program secara rutin dan terjadwal.

Ia menjelaskan, fungsi Pokjanal antara lain merumuskan dan mengarahkan program kegiatan lintas sektoral dalam rangka peningkatan kinerja Posyandu Gerbangmas Siaga, menyampaikan data informasi potensi masalah dan pemecahannya dalam rangka merumuskan program kegiatan, melakukan koordinasi dan sinkronisasi program kerja lintas sektoral, melaksanaan pembinaan, monitoring, dan evaluasi kinerja Posyandu Gerbangmas Siaga, serta memfasilitasi gerakan pengembangan partisipasi gotong royong dan swadaya masyarakat.

Sedangkan fungsi Sektap, antara lain membantu kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan, menghimpun laporan dari tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan, menyiapkan data dan informasi untuk merumuskan program, serta menyusun laporan secara periodik.

Dengan mengikuti pembinaan tersebut, diharapkan program yang telah disusun oleh Pokjanal dan Sektap se-Kab. Lumajang dapat dilaksanakan lebih maksimal. Selain itu, adanya peningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, serta memperkuat koordinasi lintas sektoral dan meningkatkan kemitraan dengan berbagai pihak, sebagai upaya optimalisasi program kegiatan Posyandu Gerbangmas Siaga.

"Seluruh peserta bersama dengan OPD terkait untuk bergerak bersama. Monggo ikut berpastisipasi, karena Posyandu Gerbangmas Siaga adalah milik lumajang," tuturnya.

Hadori, SAP., selaku Kabid. Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melaporkan, jumlah peserta yang mengikuti pembinaan tersebut berjumlah 100 orang, terdiri dari Pokjanal dan Sektap se-Kab. Lumajang, Ketua TP PKK se-Kab. Lumajang, dan Kepala Puskesmas se-Kab Lumajang.
Reporter : Suatman

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact