Damkar Satpol PP Siaga di Ranuyoso - Kabare Jember <>

Breaking

Damkar Satpol PP Siaga di Ranuyoso

Damkar Satpol PP Siaga di Ranuyoso


Lumajang, Kabarejember,com
(30 Oktober 2019)---Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kab. Lumajang siaga di Kecamatan Ranuyoso untuk mengantisipasi kebakaran sampah di bantaran sungai bawah jembatan jalan nasional di Dusun Kebonan Desa Ranuyoso Kec. Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Rabu (30/10/2019) pagi.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada Satpol PP Kab. Lumajang, Nanang Bashori, S. AP., saat memimpin Apel Pagi di Halaman Satpol PP, Rabu (30/10/2019), menjelaskan, satu regu pemadam kebakaran dikirim siaga di kawasan  wilayah Kecamatan Ranuyoso. Regu Damkar tersebut melibatkan 4 personel.

Kesiagaan itu, berlangsung selama satu hari penuh di sekitar lokasi, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di pembuangan sampah tersebut.

Disinyalir sampah yang menumpuk,  sengaja dibakar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, tanpa mempertimbangkan dampaknya.

Petugas dari Damkar juga melakukan edukasi kepada warga masyarakat, untuk memberikan penyadaran mencegah warga membuang sampah di lokasi. Sebab, dampak kebakaran itu, bisa membahayakan pengguna jalan raya nasional jurusan Surabaya--Lumajang dan atau arah sebaliknya.

Hal yang senada, juga disampaikan Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat yang merangkap Plt. Kasi Damkar pada Satpol PP Kab. Lumajang, Abdul Ghofar,  bahwa pihaknya selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam antisipasi pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran.

Ia menambahkan, Satpol PP secara rutin juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di seluruh wilayah Kab. Lumajang, khususnya instansi pemerintah/ swasta, perusahaan, maupun lembaga pendidikan.

Sementara itu,  Koordinator Tim Damkar Satpol PP Kab. Lumajang , Purwanto menjelaskan, bahwa kebakaran sampah yang terjadi di lokasi tersebut sudah 4 kali dalam satu tahun 2019 ini.

Di pihak lain, salah satu warga sekitar yang tidak mau disebutkan namanya yang berada di tempat pembuangan sampah, mengungkapkan, kebakaran sampah di tempat tersebut sering terjadi. Banyak warga mengaku ketakutan, karena khawatir api  merembet ke pemukiman warga.

Regu Damkar yang dikirim siaga, dilengkapi dengan satu unit mobil Damkar beserta kelengkapannya.
Reporter : Suatman

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact