Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Jember dan Lembaga Qira’ati Gelar Istighosah Asyuro dan Doa Bersama - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Jember dan Lembaga Qira’ati Gelar Istighosah Asyuro dan Doa Bersama

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Jember dan Lembaga Qira’ati Gelar Istighosah Asyuro dan Doa Bersama


Jember, Kabarejember,com
----Bertempat di Alun-alun Jember, Minggu 8 September 2019 pukul 09.00 WIB, acara Istighosah Asyuro digelar untuk memperingati Tahun Baru Islam 1441 H. Dengan melibatkan 11.000 peserta yang terdiri dari santri dan wali santri yang tergabung dalam TPQ Qira’ati se Kabupaten Jember, acara ini akan diisi dengan acara puncak yakni doa bersama akhir tahun 1440 H dan awal tahun baru Islam 1441 H.

Bertemakan Menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah Untuk Membentuk Muslim Berbudi Luhur dan Berjiwa Sosial Sesuai Dengan Kaidah-kaidah Islam, kegiatan ini bertujuan selain memperingati tahun baru Islam, juga sebagai salah satu ikhtiar untuk mendidik putera dan puteri generasi penerus bangsa untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan ilmu tajwid.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR menyatakan apresiasinya kepada Lembaga Qira’ati karena turut berperan untuk menciptakan para hafidz dan hafidzah melalui pendidikan Tahfidhul Qur’an.
 Pemerintah Kabupaten Jember juga telah berkomitmen untuk melindungi, membina dan bersinergi agar kegiatan dan tujuan yang mulia tersebut dapat tercapai dengan baik. Bupati Faida juga menegaskan bahwa peran  anak didik mereka akan sangat bermanfaat di tengah masyarakat nantinya, karena akan semakin banyak insan-insan yang bacaan Al’Qur’annya baik dan para hafidz dan hafidzah akan terus bertambah.

Di sisi lain, Bupati Faida juga menyatakan bahwa tahun baru Islam dan Istighosah ini merupakan momentum keagamaan yang baik untuk berpasrah kepada Allah SWT, mengajak seluruh komponen bangsa khususnya warga Kabupaten Jember untuk kembali menyerahkan semua permasalahan dan problematika yang terjadi kepada Allah SWT, setelah melakukan ikhtiar, ijtihad dan mujahadah. Sekaligus agar dihindarkan dari segala musibah dan adzab. Moment ini juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, menjalin dan meningkatkan hubungan silaturahmi sehingga bisa terwujud Hablum Minallah dan Hablum Minannas.

Ada sejumlah kegiatan yang dilombakan, diantaranya adalah lomba membaca buku Qirati1-Ghorib (berdasar usia), lomba menghafal doa harian dan surat pendek, lomba passka TPQ (PTPT/PTPD) yang digelar pada 24 Agustus lalu, dan pengumuman pemenang serta penyerahan hadiahnya dilakukan pada saat Istighosah Asyuro ini. (mul/mia/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact