Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kembangkan Inovasi Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kembangkan Inovasi Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kembangkan Inovasi Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca


Luamajang, Kabarejember.com
( Selasa, 17 September 2019) -- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Lumajang mengembangkan beberapa inovasi, demi menumbuhkan minat dan budaya baca, serta menyelamatkan arsip. Hal itu, disampaikan Plt. Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Lumajang, Edi Irianto, S.Sos., saat bertindak sebagai inspektur upacara bendera, di halaman Kantor Bupati Lumajang, Selasa (17/09/2019).

Salah satunya, ialah program DARLING (Dongeng Anak Remaja Keliling). Program tersebut, bertujuan untuk menanamkan minat dan budaya baca pada anak usia dini, seperti anak SD, MI, PAUD, dan kelompok bermain.

Ia menuturkan, saat ini, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki 1 bus dan 2 mobil keliling, yang nantinya akan memberikan layanan peminjaman buku kepada anak-anak maupun wali murid yang tinggal di desa. Dalam pelaksanaanya, juga telah berkoordinasi dengan kecamatan maupun desa.

"Buku adalah gudang ilmu dan jendela dunia. Membaca, adalah kunci untuk membukanya," ujarnya.

Ia juga menerangkan, terdapat 17.079 judul buku di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, serta 640 judul buku dalam bentuk E-Book.

"Bagi ASN yang tidak sempat berkunjung ke perpustakaan, silahkan daftar secara online, agar bisa membaca buku di HP Android masing-masing," tambahnya.

Program inovasi lainnya, adalah REST AREA (Restorasi Arsip Aset Desa), untuk menyimpan dan memperbaiki dokumen/ arsip desa yang sudah rusak, seperti Letter C. Selain itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan juga membuat program Restorasi Scanning, untuk membantu menyimpan surat-surat penting yang tersimpan di tiap OPD, seperti: surat perjanjian, surat kontrak kerja, surat keputusan, dan lain-lain.

"Bagi OPD yang ingin bekerjasama dengan kami, kami siap membantu menyimpan dan mengarsipkan dokumen penting yang ada di kantor tiap OPD," pungkasnya. ( Suatman )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact