Pemkab. Lumajang Fasilitasi Petani Tingkatkan Kualitas Tembakau - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Pemkab. Lumajang Fasilitasi Petani Tingkatkan Kualitas Tembakau

Pemkab. Lumajang Fasilitasi Petani Tingkatkan Kualitas Tembakau


Lumajang, Kabarejember.com
(Selasa 08 Agustus 2019) --- Pemerintah Kabupaten Lumajang akan berupaya untuk memaksimalkan hasil produksi tembakau yang dimiliki kelompok tani di Kabupaten Lumajang.

Demikian ditegaskan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, M.Si., (Bunda Indah) pada Temu Lapang Panen dan Pasca Panen tembakau, Dinas Pertanian Kab. Lumajang, di Lahan Kelompok Tani "Sumber Rejeki Sejahtera", Desa Sarikemuning, Kec. Senduro, Kamis (08/08/19).

Wabup mengatakan, pihaknya akan mensuport  Kelompok Tani Tembakau dengan melakukan pembinaan sekaligus memfasilitasi sarana maupun prasarana kebutuhan para petani.

Diharapkan, dengan begitu, kualitas produksi tembakau dihasilkan para petani di Kab. Lumajang sesuai permintaan pasar.

"Dulu Lumajang ini terkenal dengan tembakau yang  berkualitas bagus. Kita berupaya bisa ikut melakukan pembinaan, memfasilitasi para petani tembakau, untuk mengembalikan kejayaan tembakau seperti masa lalu, sebagai penghasil tembakau yang terbaik," harapnya.

Wabup yang juga mantan kepala Dinas Kehutanan Kab. Lumajang itu, memberikan apresiasi kepada PT. Sadana, PT. AOI serta PT. IDS yang selama ini telah bermitra dengan para kelompok tani tembakau di Kab.Lumajang.

"Terimakasih kepada mitra, yang sudah melakukan kemitraan dengan petani tembakau dengan baik," ujarnya.

Wabup berharap, para petani tembakau dapat mengikuti arahan para mitra, terkait dengan permintaan pasar, tentang kualitas tembakau yang terbaik di pasaran.

"Permintaan pasar merupakan yang paling penting. Jadi yang tahu permintaan pasar adalah mitra, bagaimana kualitasnya, dan itu menjadi persyaratan sebagai sebuah tata niaga tembakau. Tidak hanya menanam saja, tetapi juga mendapatkan hasil yang bagus," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kab. Lumajang, Budi Santoso., mengungkapkan, temu lapang itu, merupakan salah satu wujud, untuk memperlihatkan/ meyakinkan para petani, tentang tembakau yang direkomendasikan oleh para mitra. Seperti,  tanaman tembakau yang baik, serta sesuai dengan permintaan pasar, yang telah disesuaikan dengan permintaan dari mitra kostumernya.

Ia melaporkan, Temu Lapang itu,  diikuti sekitar 50 personel anggota kelompok tani sekaligus anggota dari 12 kecamatan, wilayah tembakau di Lumajang.

Pada kesempatan itu, Wabup menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 8 orang kelompok tani tembakau. Bantuan itu, berupa Caltivator dan Handtraktor, 4.000 kg Pupuk NPK, Hand Sprayer Elektrik, Kendaraan Roda tiga, mesin Rajang tembakau, 50 buah Para-para, Widik, dan Pompa Air. (Suatman )

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact