Mahasiswa Baru UNEJ Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara - Kabare Jember <>

Breaking

logo

Mahasiswa Baru UNEJ Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Mahasiswa Baru UNEJ Ikuti Diklat  Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara


Jember, Kabarejember.com
(27 Agustus 2019) ---- Seluruh mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2019 mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bekerjasama dengan Kodam V/Brawijaya. Khusus untuk mahasiswa baru di Kampus Tegalboto, kegiatan diklat dilakukan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Resimen Induk (Rindam) Kodam V/Brawijaya pada Selasa, 27 Agustus 2019 hingga 1 September 2019. Sementara bagi mahasiswa baru Kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan, diklat digelar di kampus masing-masing dengan pemateri dan pelatih dari Kodim setempat.

Pembukaan Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Kampus Tegalboto dibuka secara resmi oleh Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember bersama Komandan Secaba Rindam V/Brawijaya, Letkol. (Inf) Yusub Dody Sandra, SIP., M.I.Pol di lapangan Hitam (27/8). Dalam sambutannya, Zulfikar meminta agar semua mahasiswa baru mengikuti semua tahapan diklat yang sudah dirancang karena menjani bekal dalam menjalani perkuliahan. “Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara didesain membentuk kedisiplinan diri yang merupakan dasar dalam membentu pribadi yang mandiri. Dan pribadi yang mandiri adalah salah satu modal sukses untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” ujar Zulfikar.

Wakil Rektor I Universitas Jember lantas menambahkan, mahasiswa baru Universitas Jember diharapkan menjadi kader-kader bangsa yang selalu mencintai tanah airnya, sehingga mampu menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia. Oleh karena itu wawasan kebangsaan dan semangat bela negara harus ditumbuhkan sejak dini. “And semua berasal dari berbagai daerah, berbeda adat istiadat dan kebiasaan, maka di Secaba Rindam V Brawijaya inilah Anda semua akan ditempa menjadi generasi muda Indonesia yang cinta tanah air, dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Tidak ada tempat bagi bibit radikalisme dan terorisme di Kampus Tegalboto,” imbuh Zulfikar.

Sementara itu Letkol (Inf) Yusub Dody Sandra, SIP., M.I.Pol., meminta semua peserta Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara untuk mempersiapkan diri, baik fisik dan mental sebaik-baiknya. “Materi yang akan diberikan sudah terukur dan teruji sehingga mahasiswa baru Universitas Jember tidak perlu khawatir selama mengikuti kegiatan. Ikuti semua tahapan dengan sungguh-sungguh, patuhi aturan yang ada serta ikuti arahan semua pelatih,” himbau Komandan Secaba Rindam V/Brawijaya yang berkesempatan memberikan materi terkait bagaimana menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para mahasiswa baru Universitas Jember di aula Jenderal Soedirman. 

Selain melaksanakan kegiatan di kelas, para mahasiswa baru juga mendapatkan materi di luar kelas berupa praktek Peraturan Baris Berbaris, diskusi dan penugasan. “Untuk hari pertama diklat, pesertanya adalah mahasiswa baru dari Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan dan Fakultas Ilmu Komputer yang selanjutnya akan diikuti oleh fakultas lainnya. Total ada 7.429 mahasiswa baru Kampus Tegalboto yang mengikuti Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Secaba Rindam V Brawijaya, sementara untuk kampus Bondowoso, Lumajang dan Pasuruan bekerja sama dengan Kodim setempat,” pungkas Zulfikar. (Mia/ulu/iim/hms)

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact